Sukses

Diburu 1 Dekade, Buaya Jumbo 600 Kg Ini Akhirnya Tertangkap

Polisi mengatakan buaya jantan jumbo ini kemungkinan berusia lebih dari 60 tahun.

Liputan6.com, Sydney - Setelah melakukan perburuan selama satu dekade, penjaga di Northern Territory akhirnya menangkap buaya terbesar di Katherine River. Bobotnya mencapai 600 kilogram dan memiliki panjang 4,71 meter, kira-kira sebesar mobil seri family car.

Perburuan itu dimulai setelah desas-desus ada buaya besar berekor gelap yang terlihat di dekat lintasan perahu lokal, demikian menurut laporan Sydney Morning Herald (SMH) yang dikutip dari News.com.au, Selasa (10/7/2018). 

Ranger atau penjaga Northern Territory Parks and Wildlife, Chris Heydon dan John Burke mengatakan sangat tidak biasa menangkap buaya sebesar itu di Sungai Katherine.

"Rata-rata kami menangkap buaya sepanjang 4,2 meter dalam beberapa tahun belakangan, tetapi tidak pernah sebesar ini," tegas Burke.

Meskipun bobotnya besar, polisi mengatakan buaya jantan yang mungkin berusia lebih dari 60 tahun itu tidak sulit untuk dijebak.

"Ketika mereka sebesar ini, kami hanya membius mereka, jadi tidak ada peluang bagi kami tergigit," kata Heydon kepada SMH.

Selanjutnya, reptil itu dibawa ke peternakan buaya di wilayah Katherine.

Di perairan pedalaman Northern Territory, buaya air asin sepanjang lima meter dianggap langka.

"Meskipun ini adalah yang terbesar yang pernah kami tangkap di Sungai Katherine, ada yang lebih besar di luar sana yang muncul dari Sungai Daly," kata ranger Burke.

Pihak Northern Territory Parks and Wildlife kemudian mengingatkan masyarakat agar mempelajari bagaimana berhadapan dengan buaya. Di situsnya, mereka memperjelas bahwa "bahaya reptil itu nyata".

"Jangan berpuas diri atau mempertaruhkan hidupmu."

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hal Lumrah

Penangkapan buaya sudah lumrah di wilayah Top End di Northern Territory. Sejauh ini sudah ada tujuh reptil dievakuasi dari sungai, termasuk dua buaya air asin jumbo sepanjang 3,92 meter dan 3,97 meter.

Bahkan ada temuan yang lebih besar di Darwin, ketika penjaga dipanggil untuk menangkap buaya sepanjang 4,7 meter dari pelabuhan kota.

Sementara di Northern Territory ada 188 buaya air asin yang ditangkap hingga tahun ini, 370 di antaranya diamankan pada tahun 2017.

Di Hope Inlet, barat laut Northern Territory, sejauh ini ada 42 buaya yang ditangkap.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.