Sukses

Mewek Sambil Bersih-Bersih, Ini 2 Bukti Jepang Luar Biasa di Piala Dunia 2018

Hati pemain dan suporter Jepang luar biasa hancur saat langkah Samurai Blue terhenti di Piala Dunia 2018. Namun, apa yang mereka lakukan sungguh luar biasa.

Liputan6.com, Rostov-on-Don - Hati pemain dan suporter Jepang luar biasa hancur saat takluk dengan skor 2-3 dari Belgia di Rostov Arena, Selasa, 3 Juli 2018 dini hari WIB. Samurai Blue terpaksa balik kanan dan melupakan mimpi menggenggam tropi Piala Dunia 2018.

Meski menangisi kekalahan timnya, para suporter Jepang masih tetap tinggal di tribun penonton. Mereka tak lantas hengkang usai peluit wasit dibunyikan tanda pertandingan berakhir.

Mereka memunguti sampah dan menempatkannya ke kantong plastik besar yang dibawa. Bersih-bersih tetap jalan, meskipun sambil menangis.

Dalam Twitternya, ESPN UK mengunggah gambar yang menunjukkan para fans Jepang dalam ekspresi duka, tapi dengan tekad kuat terus membersihkan kekacauan di Rostov Arena, lokasi penyelenggaraan pertandingan Piala Dunia 2018.

"Berkelas. Para pendukung Tim Jepang membersihkan sampah meski menyaksikan Belgia mengakhiri mimpi mereka dengan cara yang sungguh menyakitkan," demikian kicauan ESPN UK, seperti dikutip dari News.com.au, Rabu (4/7/2018).

Gol penentu kemenangan Belgia tercipta pada menit ke-90+4 di momentum injury time, yang mengantarkan mereka ke babak 8 besar Piala Dunia 2018. Padahal, Jepang lebih dulu unggul 2-0.

Suporter timnas Jepang mengumpulkan sampah setelah laga 16 besar Piala Dunia 2018 melawan Begia di Rostov Arena, Senin (2/7). Meski timnya tersingkir secara dramatis, tak menghalangi para suporter Jepang melakukan aksi positif. (AFP/JUAN BARRETO)

Hal serupa juga dilakukan suporter Jepang di tengah ajang Piala Dunia 2014, saat Pantai Gading mengalahkan tim kesayangan mereka.

Membawa kantong plastik besar, para pendukung Samurai Blue menyisir lokasi stadiun yang mereka tempati, untuk mengumpulkan sampah yang ada di sana. 

Suporter Jepang layak dijuluki pendukung teladan di Piala Dunia 2018.

 

Saksikan video menarik terkait Piala Dunia 2018 berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spasibo...

Tak hanya suporter Jepang yang patut dipuji. Para pemainnya pun menunjukkan sikap yang luar biasa.

Meski hati hancur akibat kalah, mereka masih sempat bersih-bersih dan meninggalkan ruang ganti dalam kondisi bersih, tanpa noda.

Mereka bahkan sempat meninggalkan pesan dalam bahasa Rusia, 'Spasibo' yang artinya terima kasih.

Tak ayal, apa yang dilakukan tim dan suporter Jepang membuat banyak orang angkat topi alias menaruh hormat.

 Jepang memang luar biasa di Piala Dunia 2018!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.