Sukses

Indonesia Peringkat 9 dalam Indeks Persepsi Negara Teraman di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah lembaga survei global, Gallup melakukan survei untuk mengukur persepsi kepercayaan warga terhadap pihak keamanan dan penegak hukum di sejumlah negara.

Dalam laporan Gallup's Law and Order Report 2018 diketahui warga Indonesia secara umum merasa aman tinggal di negaranya dan percaya dengan kekuatan polisi serta penegak hukum.

Indonesia berada di posisi ke-9 dengan skor indeks 89 --hanya terkait satu poin dengan negara Swiss dan Kanada yang berada di posisi 7 dan 8. Demikian seperti dilansir ABC Indonesia (20/6/2018).

Singapura menjadi negara paling aman menurut warganya dengan berada di peringkat pertama dengan skor 97.

Norwegia, Islandia, Finlandia masing-masing berada di peringkat 2, 3, dan 4.

Sementara Australia berada di peringkat lima puluh besar dengan skor 82 dan berbagi tempat dengan sejumlah negara lain, seperti Israel, Bangladesh, Filipina, Korea Selatan, dan Iran.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Urusan Persepsi

Lembaga Gallup mengatakan melihat adanya hubungan kuat antara jawaban responden soal persepsi keamanan dari pengalaman sendiri dengan upaya penegakan hukum.

Hubungan ini menggambarkan bagaimana tingkat kejahatan yang tinggi dapat mengancam persatuan dan berdampak buruk pada perekonomian negara.

Lima di kawasan Amerika Latin dan empat negara lain di sub-Sahara Afrika masih menunjukkan rasa tidak nyaman bagi warga untuk berjalan kaki sendirian di malam hari.

Hasil pemeringkatan ini dilakukan di 142 negara dengan wawancara lewat telepon kepada 1.000 warga di masing-masing negara yang berusia di atas 15 tahun.