Sukses

Shirley Dipaksa Berhenti Merokok

Liputan6.com, Kuala Lumpur: Shirley, orangutan penghuni kebun binatang pemerintah di Johor, Malaysia selatan, dipaksa menghentikan kebiasaan merokok. Pejabat Kebun Binatang Melaka, Ahmad Azhar Mohammed, mengatakan dia tidak akan diberikan rokok lagi karena ini bukanlah tingkah laku normal orangutan. "Dia tidak mencandu, tetapi kemungkinan meniru tingkah laku manusia yang merokok di sekitarnya," kata Ahmad.

Foto Shirley yang ditempatkan di internet memperlihatkan binatang yang diperkirakan berumur 20 tahun ini terus menerus menyalakan rokok yang kemungkinan diberikan para pengunjung. Kelompok pegiat lingkungan yang bermarkas di Inggris, Nature Alert telah menulis surat kepada pejabat Malaysia permulaan tahun ini yang melaporkan orang-orang sering terlihat melempar rokok yang sudah dinyalakan kepada Shirley.

Saat ini Shirley dikarantina di kebun binatang lainnya di negara bagian tetangga dan rencananya akan dipindahkan ke hutan lindung di Kalimantan dalam beberapa minggu lagi. Sampai sejauh ini dia masih memiliki nafsu makan dan tidak terlihat sakit atau depresi. Orangutan adalah binatang asli hutan tropis Kalimantan dan Sumatra yang dapat hidup sampai umur 60 tahun.(BBC/ADO)