Sukses

Reaksi Lucu Warganet soal Tas Hermes yang Disita Polisi dari Apartemen Najib Razak

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Baru-baru ini tas Hermes Birkin tengah menjadi sorotan di Malaysia. Tas yang menunjukkan status kekayaan dan kemapanan ekonomi dari pemiliknya itu sedang riuh disangkut-pautkan pada dugaan skandal korupsi yang menjerat eks-Perdana Menteri Malaysia Najib Razak dan istrinya, Rosmah Mansor.

Pada Rabu 17 Mei malam, puluhan polisi bersenjata menggerebek apartemen-apartemen pribadi Najib atas dugaan kasus megarasuah 1MDB.

Dalam penggerebekan, polisi berhasil menyita lebih dari 200 kotak berisi tas mahal, 72 kantong perhiasan, uang tunai dalam berbagai denominasi, jam tangan, serta barang-barang mewah lainnya.

Di antara barang-barang sitaan, ada lusinan kotak oranye berisi tas Hermes (warna oranye adalah khas merek tersebut) yang tampaknya milik mantan ibu negara Rosmah Mansor, istri Najib Razak.

Sebuah tas Hermes Birkin memiliki harga mulai dari US$ 8.000 hingga ratusan ribu dolar.

Kepolisian Diraja Malaysia telah mengonfirmasi bahwa barang sitaan tersebut diduga memiliki keterkaitan dengan penyelidikan atas skandal megakorupsi 1MBDB -- yang turut menyeret nama Najib.

Najib Razak dituduh mengantongi sekitar US$ 700 juta dari sejumlah dana skandal 1MDB. Sebelum skandal korupsi itu terkuak, total uang tersebut rencananya digunakan untuk meningkatkan geliat investasi asing Malaysia.

Terlepas benar-tidaknya informasi yang masih dalam tahap penyelidikan itu, warganet justru menyikapinya dengan respons sinis dan humor. Simak selengkapnya di halaman berikut:

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Respons Sinis Warganet Malaysia

Penggerebekan yang dilakukan oleh Kepolisian Diraja Malaysia itu disiarkan secara daring dan kemudian menjadi viral di dunia maya.

Bagi sebagian besar warga Malaysia, hasil sitaan itu menguatkan spekulasi mereka atas tuduhan korupsi dan gaya hidup mewah tak wajar dari Najib - Rosma, yang kemudian berkontribusi terhadap kejatuhan dan kekalahan eks-PM Malaysia tersebut.

Salah satu video viral menunjukkan momen ketika polisi memasukkan tas-tas sitaan itu ke dalam troli belanja supermarket, sebelum dimuat ke truk polisi yang menunggu untuk membawanya pergi.

Warganet Malaysia, yang telah lama berspekulasi mengenai jumlah kekayaan Rosmah Mansor, mengomentarinya dengan nada sinis sekaligus bercanda. "Ironi atas adegan ini," twit seorang warganet lain dari Negeri Jiran.

Sementara itu, Jonathan Head, jurnalis BBC, membandingkan tas Hermes itu dengan sandal Bata seharga Rp 40 ribu yang dikenakan oleh PM Mahathir Mohammad -- yang mana juga tengah viral di dunia maya.

Di ranah Twitter, tagar #Birkin telah menjadi trending topic populer hari ini.

Seorang pengguna Twitter lain membandingkan tas yang dimiliki oleh Rosmah Mansor dengan yang dimiliki oleh Victoria Beckham, atau barang mewah milik Imelda Marcos, mantan ibu negara Filipina.

"Victoria Beckham terkenal sebagai pemilik 100 tas Birkin. Tapi tampaknya ada seseorang yang menggeser status tersebut," kata seorang pengguna Twitter.

Akun Twitter lain menimpali, "Saya tidak paham mengapa Rosmah membutuhkan 284 buah tas Birkin."

Sementara itu, blogger asal Kedah mengatakan, "Tas-tas (Birkin) itu jelek, tapi investasi yang bagus ketimbang emas."

Artikel Selanjutnya
5 Fakta soal Tas Hermes Kesukaan Istri Eks PM Malaysia Najib Razak
Artikel Selanjutnya
Pakai Sandal Seharga Rp 40 Ribuan, PM Mahathir Mohamad Tuai Pujian