Sukses

Pusat Industri Film Senilai Rp 104 Triliun Hadir di China

Liputan6.com, Beijing - Masyarakat China baru saja menyambut kehadiran sebuah kompleks studio film berukuran raksasa, yang di dalamnya terdapat sebuah taman hiburan, kelab kapal pesiar, dan hotel berbintang.

Kompleks studio bernama Qingdao Movie Metropolis itu dibangun oleh Dalian Wanda, salah satu grup bisnis terbesar di China, dengan investasi senilai US$ 7,9 miliar, atau sekitar Rp 109 triliun.

Dikutip dari BBC pada Minggu (29/4/2018), kompleks yang dibangun di wilayah timur China itu, diharapkan mampu menarik minat para produsen film asing untuk memanfaatkan segala fasilitas yang dimilikinya.

Kompleks ini mencakup lahan seluas lebih dari 400 hektar, yang akan disertai dengan kelengkapan fasilitas produksi film yang canggih.

CEO Wanda Wang Jianlin mengatakan akan "mengubah Qingdao menjadi pusat global untuk film".

"Kami akan meningkatkan perkembangan industri perfilman China, melalui kompleks studio film terbesar di Asia," katanya pada pembukaan resmi proyek tersebut, Sabtu, 27 April 2018.

Sebelumnya, Qingdao Movie Metropolis telah membuka studio pertamanya pada 2016, dan menjadi tuan rumah beberapa produksi film Hollywood, termasuk The Great Wall yang dibintangi aktor Matt Damon.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

 

 

2 dari 2 halaman

Merayu Industri Perfilman Global

Penyelesaian pembangunan kompleks studio ini menandai langkah lebih lanjut, dalam upaya Dalian Wanda "merayu" para pembuat film di Hollywood untuk beroperasi di China.

Sejak dua tahun lalu, perusahaan tersebut telah menjanjikan potongan harga menarik bagi film dan serial televisi global yang berminat melakukan kerja sama produksi.

Salah satu studio besar yang tertarik oleh penawaran itu adalah Legendary Entertainment, yang telah memproduksi banyak film box office, seperti seperti Jurassic World, trilogi Batman Dark Knight dan Godzilla.

Sejauh ini, produsen film global baru menyentuh Hong Kong dan Shanghai sebagai bagian dari produksinya.

 

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    China
  • film
Loading
Artikel Selanjutnya
Pria Bersenjata Pisau Serang Sekolah di China, 7 Siswa Tewas
Artikel Selanjutnya
China dan Jepang Sepakat Bangun AeroTrain, Kereta Berkecepatan 500 Km per Jam