Sukses

Alasan Kartunis Jepang Onan Hiroshi Sujud Minta Maaf ke Indonesia dan Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Kartunis Jepang, Onan Hiroshi, yang sempat menyindir Presiden RI Joko Widodo dan beberapa hal tentang Indonesia lewat gambar komiknya, mengutarakan permintaan maaf.

Lewat Twitter, kartunis Jepang itu juga menyatakan maaf dengan sujud -- seperti yang viral di dunia maya beberapa waktu terakhir.

"I,m sorry. beggar is over Excessive demands. I was heat up. but now cooldown," tulis Hiroshi lewat akun Twitternya @hiroshionan, seperti dikutip Liputan6.com (26/2/2018).

Onan Hiroshi juga secara khusus menyatakan permohonan maaf kepada Presiden Jokowi dan rakyat Indonesia. Ia turut mengaku menyesal dan akan menarik karyanya.

"Mr, president JOKOWI and Indonesian everyone, and Indonesia gov I'm Really sorry. I am shame. I take back picture, I'm sorry," tulis Hiroshi.

Tulisan pernyataan maaf itu turut disertai dengan sebuah foto pria yang sujud meminta maaf ala tradisi Jepang. Tak jelas apakah pria tersebut Hiroshi atau bukan.

Dalam postingannya Hiroshi mengaku sempat 'panas', namun kini ia berkepala dingin. Pria itu pun minta maaf karena merasa malu.

Sebelumnya, Hiroshi mengunggah beberapa kartun tematik karyanya yang menceritakan secara pendek tentang sejumlah hal di Indonesia. Seperti, proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dan keterlibatan Jepang serta China seputar proyek itu, Pemilu 2019, dan isu transgender di Aceh.

Saksikan video seputar permintaan maaf kartunis Jepang Onan Hiroshi yang diolah Liputan6.com:

1 dari 2 halaman

Ini Komik Pendek Karya Onan Hiroshi yang Sindir Indonesia

Seperti dirangkum oleh Liputan6.com, ada beberapa komik pendek karya Onan Hiroshi yang sempat viral pada beberapa waktu terakhir.

Salah satu komik tampak mengilustrasikan bagaimana seorang bocah berkopiah dan berseragam Sekolah Dasar membeli sebuah kereta murah yang dalam waktu singkat rusak. Ilustrasi itu seakan menyindir proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang tengah dibangun oleh pemerintah saat ini.

Sementara itu, komik yang lain tampak mengilustrasikan bagaimana proyek kereta cepat Jakarta-Bandung berkelindan dengan Pemilu RI 2019.

Proyek kereta api cepat yang melibatkaan Jepang dan China juga tampak menjadi narasi ilustrasi komik lainnya.

Namun, ada satu komik yang dinilai oleh sejumlah netizen sebagai penghinaan terhadap Presiden RI Joko Widodo. Salah satu komik tampak Jokowi versi komik mengemis kereta cepat dari Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden China Xi Jinping versi komik.

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang
  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • onan hiroshi
Artikel Selanjutnya
Buka Puasa Bersama, Jokowi Kembali Kecam Aksi Terorisme Libatkan Anak
Artikel Selanjutnya
Mahathir Menang, Megawati Yakin Hubungan RI-Malaysia Makin Kuat