Sukses

Tak Hanya di India, Hari Republik ke-69 juga Semarak di Tanah Air

Upacara Hari Republik India ke-69 dimeriahkan oleh 80 orang anak dari tiga sekolah India di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, India merayakan Hari Republik negaranya yang ke-69. Perayaan tak hanya dirasakan oleh warga negara yang ada di negara tersebut, melainkan juga di Indonesia.

Prakash Gupta selaku Charge de Affairs hadir dalam pengibaran Bendera Nasional di Kedutaan Besar India yang terletak di Jakarta.

Upacara ini disambut bahagia oleh sejumlah WN dan Diaspora India. Upacara serupa juga berlangsung di Konsulat India yang berlokasi di Bali dan Medan. Demikian keterangan pers yang diperoleh Liputan6.com dari Kedutaan Besar India di Jakarta, Sabtu (27/1/2018).

"Hampir 300 anggota komunitas, warga keturunan dan sahabat India berpartisipasi upacara itu," ujar Prakash Gupta.

Upacara ini juga dimeriahkan oleh 80 orang anak dari tiga sekolah India di Jakarta. Ada Gandhi Memorial International School, Sekolah Internasional Rama, Sekolah DPS Texmaco dan Akademi Beacons.

Ke-80 siswa ini menyanyikan lagu-lagu patriotik. Selain lagu nasional, ada pula persembahan tarian India yang ditampilkan oleh siswa Jawaharlal Nehru Cultural Centre (JNICC).

Sementara itu, Perayaan Hari Republik ke-69 di India sendiri dihadiri oleh 10 kepala negara dan pemerintah ASEAN. Presiden RI Joko Widodo pun turut hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Disambut PM dan Warga India

Kali ini Republic Day dihadiri oleh 10 pemimpin negara-negara ASEAN, termasuk Presiden Indonesia Joko Widodo.

PM Modi menyambut kedatangan Presiden RI yang akrab disapa Jokowi itu.

Dengan mengenakan jas berwarna biru, Jokowi ditemani oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang terlihat mengenakan kebaya berwarna merah bata dengan hiasan kepala berwarna putih.

Saat naik ke tempat duduk yang disediakan, Jokowi dan Iriana terlihat bergandengan. Keduanya juga sempat menyapa para penonton beberapa kali.

Menurut pengamatan Liputan6.com langsung dari India (26/1/2018) , Iriana sempat berfoto dengan Ibu Negara Singapura Ho Ching. Keduanya juga terlihat sempat berbincang.

 

3 dari 3 halaman

Dirayakan di Tengah Udara Dingin

Ratusan warga memadati tempat digelarnya Republic Day sejak pagi hari di tengah dinginnya udara Januari di New Delhi.

Dengan memakai pakaian tebal, mereka dengan antusias menembus dinginnya udara yang menurut pemantauan Liputan6.com berkisar di suhu sembilan derajat Celsius.

Pengamanan ketat dan berlapis pun berlaku bagi mereka yang hadir dalam Republic Day. Warga yang hadir harus melewati sekitar tiga pos pengecekan, mulai dari pengecekan undangan, body scanning, hingga pengecekan mata dan telinga.

Tak hanya orang dewasa saja yang menghadiri Republic Day. Sejumlah anak-anak pun terlihat antusias saat menonton sejumlah parade yang ditampilkan dalam kegiatan yang memperlihatkan kekuatan militer India itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia
    India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia

    India