Sukses

Tantangan Konyol Remaja Zaman Now: Gigit Kemasan Detergen Cair

Aksi viral Tide Pod Challenge dikecam oleh dunia kesehatan karena berisiko sebabkan gangguan kesehatan.

Liputan6.com, Los Angeles - Dalam beberapa tahun terakhir, telah banyak beredar berbagai tantangan konyol di internet, termasuk 'Tide Pod Challenge' yang populer baru-baru ini.

Dilansir dari laman News.com.au pada Senin (15/1/2018), tantangan ini mengharuskan pelakunya mengigit kuat-kuat bungkus kecil berisi detergen cair merek Tide. Oleh otoritas kesehatan, tantangan tersebut sangat membahayakan bagi kesehatan.

Para remaja, khususnya di Amerika Serikat (AS), telah mengunggah video-video mereka yang mengigit, mencungkil, dan mengunyah bungkusan keciil detergen cair warna-warni dengan mulut. Mereka pun kemudian menantang teman-teman lainnya untuk melakukan hal serupa, sehingga menjadi viral.

Detergen cair yang digunakan dalam tantangan ini memiliki kandungan etanol, polimer, dan hydrogen peroksida yang sangat berbahaya karena bersifat racun ketika terkonsumsi oleh manusia.

Tantangan terkait berawal dari sebuah candaan pada sebuah artikel yang dimuat di situs berita satir, The Onion. Namun tidak lama kemudian, candaan tersebut berkembang menjadi tantangan yang viral di internet. Ironisnya, tantangan ini disambut antusias oleh orang-orang yang berpikiran pendek dan menganggap hal tersebut 'keren'.

Menurut laporan stasiun televisi CBS, telah terjadi 10 kasus kematian yang berkaitan dengan keisengan menggigit pod deterjen cair, tetapi bukan merujuk pada tantangan. Dilaporkan, dua balita dan 8 orang dewasa dengan penyakit demensia dilaporkan meninggal akibat tidak sengaja mengonsumsi detergen cair tersebut.

"Bukti-bukti itu telah cukup meyakinkan bahwa menggigit bungkus detergen cair berisiko membahayakan kesehatan manusia," jelas juru bicara Procter & Gamble, induk perusahaan yang memproduksi deterjen merek Tide.

Sementara itu, pihak  dikabarkan telah mulai menghapus video-video tantangan terkait guna menghindari risiko yang lebih buruk jika tantangan tersebut kian viral.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tantangan 'Pinggang Seramping Kertas A4'

Remaja dewasa ini kerap ditantang lewat internet. Pada 2016 lalu, di China diramaikan tantangan baru yang aneh disebut sebagai 'tantangan A4.'

Tantangan ini dilakukan sebagai bukti kepada netizen lainnya bahwa pinggul mereka ramping dan tak lebih besar dari ukuran kertas A4.

Tren ini telah memperlihatkan foto para peserta tantangan menampakkan ke dunia maya bahwa pinggul mereka seukuran atau lebih ramping dari kertas berukuran A4, menurut laporan People's Daily Online.

Remaja dan wanita kini tengah ramai mengunggah foto-foto mereka dengan potongan kertas A4 yang diselipkan atau dipegang pada bagian belakang atau depan perut.

Puluhan ribu netizen telah meramaikan tantangan dan perdebatan yang dilakukan melalui Weibo -- media sosial China serupa dengan Twitter -- dengan membagikan hasil foto atau komentar mereka.

Ukuran standar A4 sesuai dengan Organization for Standardization (ISO) yang memiliki lebar seluas 21 sentimeter dengan panjang 29,6 sentimeter.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.