Sukses

Mesir Blokade Kapal Iran di Terusan Suez

Pemerintah Mesir memblokade kapal Iran yang akan memasuki Terusan Suez.

Liputan6.com, Suez: Dua kapal perang Iran gagal transit melalui Terusan Suez. Saat ini, dua kapal perang Iran yang dinamakan Alvand dan Kharg tengah merapat di pelabuhan Laut Merah dekat Kota Jeddah, Arab Saudi. Reuters melaporkan, Jumat (18/2), Pemerintah Mesir memblokade kapal Iran yang akan memasuki Terusan Suez.

Hingga saat ini, alasan kedua kapal Iran ini gagal menyeberangi Terusan Suez masih belum dijelaskan. "Alvand dan Kharg gagal menyeberangi Terusan Suez. Jadwal baru penyeberangan kedua kapal ini juga tidak diberitahu," ungkap salah seorang penjaga di Terusan Suez yang identitasnya dirahasiakan.

Setiap kapal perang yang akan lewat melalui Terusan Suez, penghubung antara Laut Merah dan Mediterania, harus seizin Departemen Luar Negeri dan Departemen Pertahanan Mesir. Apabila kedua kapal Iran ini jadi singgah ke Terusan Suez, maka hal ini pertama kalinya sejak revolusi Iran pada 1979 silam. Di tahun yang sama, Mesir menandatangani perdamaian dengan Israel. Akibatnya, Iran memutuskan hubungan bilateral dengan Mesir. Sejak saat itu, Mesir tidak memperbolehkan kapal Iran melewati Terusan Suez.

Sebelumnya, Israel mengembuskan kabar mengenai perkiraan jalan lintasan dua kapal perang Iran ke Mediterania. Kapal perang Iran telah merencanakan menyeberang melalui Terusan Suez ke Laut Mediterania dan mencapai Suriah.(DES/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini