Sukses

Serangkaian Bom Guncang Stockholm, Seorang Tewas

Satu orang tewas dan dua lainnya terluka dalam dua ledakan yang menghebohkan jantung ibu kota Swedia, Stockholm, yang diduga dilakukan oleh pelaku teroris.

Liputan6.com, Stockholm: Satu orang tewas dan dua lainnya terluka dalam dua ledakan yang menghebohkan jantung ibu kota Swedia, Stockholm, Sabtu petang waktu setempat. Ledakan ini diduga dilakukan pelaku teroris. Demikian dilansir BBC, Ahad (12/12).

Sebuah mobil meledak di dekat sebuah jalan pusat perbelanjaan yang ramai di Drottninggatan. Beberapa detik kemudian diikuti ledakan lain di dekat lokasi tersebut. Media Swedia melaporkan, ledakan kedua itu dilakukan oleh seorang pengebom bunuh diri, namun pihak kepolisian Swedia belum mengonfirmasi penyebab pasti serangkaian peledakan tersebut.

Menurut pihak kepolisian, kedua ledakan ini terjadi tepat di kerumunan orang-orang yang tengah berbelanja untuk Natal. Mobil pertama meledak pada pukul 17.00 waktu setempat, dan mobil kedua meledak sekitar 10-15 menit kemudian. Seorang pria ditemukan tewas di dekat lokasi ledakan pertama, sedangkan dua orang lainnya menderita luka ringan.

Menteri Luar Negeri Carl Bildt juga mengatakan, serangan teroris yang sudah direncanakan ini telah gagal. Sementara itu, menurut kantor berita lokal TT, telah menerima surat elektronik yang berisi ancaman tidak lama sebelum ledakan, yang diduga dikirim "mujahidin" atau pejuang Islam, untuk kebangkitannya di Swedia dan Eropa.

Serangan Swedia ini terkait atas sebuah gambar karikatur Nabi Muhammad SAW yang dibuat oleh seniman Swedia, Lars Vilks, serta kehadiran militer Swedia di Afghanistan. Dalam e-mail tersebut disebutkan pula: "Mereka mengancam warga Swedia akan `mati seperti saudara-saudara kami`."(JAY/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini