Sukses

Tsunami Langka Hantam Pantai di Belanda

Sejauh ini tak ada yang terluka akibat tsunami langka di resor pantai Zandvoort, Belanda. Namun, dilaporkan terjadi beberapa kerusakan.

Liputan6.com, Amsterdam - Sebuah tsunami mini menghantam pantai di Belanda. Para pengunjung terkejut dengan kedatangan gelombang setinggi 7 kaki atau sekitar 2 meter itu.

Menurut media lokal, fenomena ini sangat langka. Ini juga merupakan yang pertama kalinya terdokumentasikan dengan baik.

Laporan pertama dari gelombang pasang mendekat dengan ketinggian sedang terjadi Senin pagi sekitar pukul 05.45.

Dalam cuplikan dari balkon sebuah flat di resor Pantai Zandvoort, Belanda, seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (2/6/2017), gelombang itu terlihat menyapu segala sesuatu yang ada di pinggir pantai termasuk kursi, payung, dan perahu.

Dalam rekaman yang beredar, terdengar suara seorang pria mengatakan "tsunami" beberapa kali. Seakan tak percaya pada apa yang dilihatnya.

Dalam video lain yang direkam dari klub berlayar yang berada 15 mil di Resort Katwijk, terlihat air laut tertarik jauh ke tengah. Sebuah gelombang besar lalu menghantam disertai dengan kilatan petir.

Sejauh ini tak ada yang terluka dalam insiden itu, meskipun ada beberapa kerusakan.

Fenomena unik itu disebut meteotsunami atau meteorologi tsunami. Peristiwa yang terjadi ketika perubahan cepat dalam tekanan atmosfer menyebabkan perpindahan badan air.

Ini sering muncul sebagai cikal bakal badai.

Kondisi tersebut lebih sering terjadi pada musim semi, ketika air di North Sea masih dingin.

Berikut ini rekamannya:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.