Sukses

Selundupkan 1.000 Berlian di Sepatu, Pemuda China Ditangkap

Seorang pemuda yang mencoba menyelundupkan 1.000 berlian, ditangkap oleh petugas bea cukai saat melintasi perbatasan Hong Kong menuju China.

Liputan6.com, Luohu - Seorang pemuda ditangkap oleh petugas bea cukai saat melintasi perbatasan Hong Kong menuju China. Pasalnya, ia berusaha menyelundupkan 1.000 berlian di dalam sepatunya.

Namun aksi tersebut gagal setelah petugas bea cukai di penyeberangan Luohu menyadari ada sesuatu yang aneh dari cara berjalan pemuda itu.

"Pemuda itu mencurigakan, kadang-kadang ia berjinjit. Ketika ia menyadari bahwa kami mengamatinya, dengan cepat ia berjalan kembali dengan normal," ujar seorang petugas bea cukai menurut laporan Xinhua.

Petugas bea cukai Shenzhen meminta pemuda itu untuk melepas sepatunya. Di dalamnya, mereka menemukan berlian 212,9 karat di dalam kantong yang tersembunyi di sol sepatunya.

Dikutip dari Shanghaiist, Rabu (22/3/2017), petugas bea cukai di perbatasan Hong Kong selalu memasang kewaspadaan tinggi untuk mengantisipasi penyeludupan berlian, meski pun biasanya penyelundup memikirkan tempat "khusus" untuk menyembunyikan berliannya.

Hanya beberapa hari sebelum kejadian, seorang pria ditangkap saat mencoba menyelundupkan 1.554 berlian ke China di dalam bungkus makanan ringan.

Pada 2014, seorang pria Hong Kong ditangkap setelah petugas bea cukai menemukan bahwa ia mengenakan celana dalam yang dipenuhi lebih dari 7.000 berlian.

Sementara itu pada 2015 di China, polisi menemukan berlian 6 karat yang mereka ambil dari anus seorang turis asal Tiongkok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • berlian

Video Terkini