Sukses

Pertama Kali, Wali Kota di Brasil Nikahi Pacar Sesama Jenisnya

Liputan6.com, Lins - Setelah memadu kasih selama 13 tahun, akhirnya wali kota sebuah kota kecil di Brasil, Lins, menikahi pacar sesama jenisnya di depan 300 teman dan keluarga.

"Itu tak seharusnya menjadi tindakan politis. Itu adalah upacara bagi kami. Kami menunggu cukup lama! Tapi tentu saja, itu juga karena alasan politis," kata Wali Kota Edgar de Souza seperti dikutip dari BBC, Rabu (8/3/2017).

Bapak wali kita itu menikahi kekasih laki-lakinya, Alexsandro Luciano Trindade.

"Ini pertama kalinya terjadi di Brasil, di mana pak wali kota menggelar pernikahan sesama jenis!" kata Souza sambil tertawa.

"Kami ingin memberikan gambaran terkait pernikahan kaum gay dan mendorong orang lain untuk menggunakan hak-hak mereka."

Terkait hubungan sesama jenisnya, Souza mengaku ia menerima beberapa surat bernada kebencian. Kendati demikian, sebagian besar pesan yang diterimanya berisi dukungan terhadapnya di media sosial.

Pernikahan sesama jenis legal di Brasil sejak 2013, setelah keputusan oleh Dewan Nasional Kehakiman mengakui pernikahan sebagai hak untuk pasangan sesama jenis di seluruh negeri.

Dalam tiga tahun pertama usai pengesahan, lebih dari 14.000 pasangan sesama jenis mendaftarkan pernikahan.

Meski menjadi benteng nilai-nilai Katolik konservatif yang tak mengakui hubungan sesama jenis, Amerika Latin menjadi perintis untuk hak-hak gay didahului oleh Argentina, Uruguay, Mexico City, serta Brasil.

Souza menjadi calon wali kota gay pertama di Brasil selama kampanye pada 2012. Dia kembali mencalonkan diri setelah sukses tiga periode.

"Itu kampanye kotor," kata Souza.

"Saingan saya mengatakan saya akan mengubah balai kota menjadi sebuah klub malam gay. Mereka memasang poster saya dengan pasangan dan berkata saya akan memiliki keluarga yang korup," kata Souza.

"Tapi itu menjadi bumerang. Orang-orang dari Lins menolak serangan homophobic dan perolehan suaraku melompat 10persen!"

Souza memenangkan pemilihan ulang pada 2016 lalu.