Sukses

Terima Hadiah Boneka Seks, Menteri Ekonomi Chile Minta Maaf

Luis Cespedes meminta maaf karena telah menerima boneka seks saat menghadiri industry dinner dan berkata hadiah itu sebagai hal tak terduga.

Liputan6.com, Santiago - Menteri ekonomi Chile, Luis Cespedes, meminta maaf karena telah menerima boneka seks saat menghadiri makan makan tahunan. Ia menerima hadiah tersebut dari Roberto Fantuzzi, kepala asosiasi ekspor Chile dalam acara yang diselenggarakan pada Selasa 13 Desember lalu.

Sebuah catatan ditempel di mulut boneka seks tanpa busana itu yang bertuliskan "untuk menstimulasi ekonomi". Gurauan tersebut memicu reaksi besar-besaran, baik secara online dan dari orang-orang pemerintahan.

Cespedes yang tertawa ketika menerima hadiah, akhirnya meminta maaf dua hari kemudian dan berkata bahwa boneka tersebut merupakan hal yang tidak ia duga. Sementara itu Fantuzzi memberi klarifikasi soal pemberiannya.

"Saya memiliki istri, anak dan cucu perempuan. Niatnya sama sekali tidak untuk menimbulkan kekerasan terhadap perempuan," tulis Fantuzzi melalui Twitter.

Sementara permintaan mundurnya Fantuzzi terus tumbuh, asosiasi eksportir Asexma akan mengadakan pertemuan pada Jumat (16/12/2016) untuk membicarakan soal masa depan jabatannya.

Dikutip dari Independent, Jumat (16/12/2016), presiden perempuan pertama Chile, Michelle Bachelet, mengatakan bahwa Cespedes dan Fantuzi menunjukkan ketidakhormatan kepada perempuan.

"Perjuangan untuk menghormati perempuan telah menjadi prinsip penting bagi pemerintah saya," tulis Bachelet dalam Twitter. "Apa yang terjadi di makan malam Asexma tidak dapat ditoleransi," imbuh dia.

Dalam survei yang dilakukan pada 2015, 96 persen perempuan Chile mengatakan, mereka melihat negaranya sebagai "macho"--bentuk berlebihan dari maskulinitas, dan 80 persen laki-lakinya juga berpikiran serupa.

Hampir dari separuh peserta survei mengatakan, mereka pernah mendiskriminasi perempuan dalam hidupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.