Sukses

Bertukar Budaya, Master Balet China Latih Balerina Indonesia

Dalam rangka pertukaran budaya, master balet China, Xu Gang melatih sejumlah balerina berbakat di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Balet merupakan salah satu seni tari yang populer dan berkembang pesat di China. Banyak master atau ahli balet yang lahir dari Negeri Panda tersebut dan terkenal di kancah Internasional.

Salah satunya adalah Master Xu Gang. Penari sekaligus pelatih balet satu ini pernah menunjukkan kebolehannya menari di panggung Indonesia beberapa tahun yang lalu.

Kini, dalam rangka meningkatkan hubungan baik antara Indonesia dan China, Master Xu Gang berkesempatan melatih balerina berbakat di Jakarta. Latihan gabungan tersebut dilaksanakan di Namarina Ballet Jazz Fitnes, Halimun, Jakarta.

"Ini kali kedua saya ke Jakarta, yang pertama tampil dalam sebuah pertunjukan. Kali ini berkesempatan melatih balerina berbakat Indonesia," kata Master Xu Gang ketika ditemui tim Liputan6.com, Minggu (30/10/2016).

Para balerina berbakat sanggar balet tersebut terlihat sangat bersemangat saat latihan bersama dengan sang master. Demikian pun dengan Xu Gang.

Master balet, Xu Gang, tengah melatih sejumlah balerina di sekolah Namarina Ballet Jazz Fitnes (Liputan6.com/Nurul Basmalah)

"Mereka sangat bersemangat. Saya merasa senang dan anak-anak ini juga terlihat sangat antusias selama latihan," ujar Xu Gang.

Program latihan gabungan tersebut termasuk dalam proyek pengembangan dan pertukaran budaya yang diadakan oleh Kedutaan Besar China yang ada di Indonesia bekerja sama dengan organisasi Indonesia Dancing Society.

"Latihan ini dilakukan dalam rangka mempererat hubungan kebudayaan kedua negara. Sekaligus mempromosikan acara pertukaran budaya yang akan dilakukan pada 3-4 November mendatang," ujar pendiri Indonesia Dance Society, Juliana Tanjo.

"Indonesia dan China telah menjalin hubungan kerja sama sejak lama. Kini kami mengadakan pertukaran budaya. Salah satu grup balet terkenal China akan tampil dalam sebuah pertunjukan pada 3-4 November. Tentunya grup dari Indonesia juga akan unjuk kebolehan," kata Counselor for cultural affairs, Jin Hongyue.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.