Sukses

Wine Langka Ini Seharga Rp 1,8 Miliar, Apa Istimewanya?

Kalau orang masih bertanya-tanya tentang harganya, mungkin produk wine tersebut belum pantas untuknya.

Liputan6.com, Adelaide - Pembuat wine paling terkenal dari Australia, Penfolds, tidak tanggung-tanggung mengeluarkan minuman anggur yang mewakili simbol kemewahan. Produk kekinian yang mereka rilis dibanderol seharga 185 ribu dolar Australia atau Rp 1,8 miliar.

Wine jenis Grange tahun 2012 itu hadir dalam botol berukuran 6 liter dengan wadah tuang berbahan kristal setinggi 1 meter buatan Prancis.

Dikutip dari Adelaide Now pada Selasa (25/10/2016), hanya ada 5 pasang botol tuang dan Grange jenis Imperial tersebut yang dijual di seluruh dunia.

Produk tersebut diungkapkan kepada khalayak pada Selasa malam lalu dalam acara "Penfolds Aevum Imperial Service Ritual" di Magill Estate dan menjadi keluaran teranyar wine mewah produksi Penfolds.

Botol tuang itu dibuat dengan teknik tiup oleh salah satu rumah pembuatan kristal ternama di Eropa, Saint-Louis, yang juga adalah pembuat gelas kaca tertua di benua tersebut. Sejak tahun 1500-an, Saint-Louis juga terkenal karena produk gelas bertatah berlian.

Aktor Sam Neill hadir untuk mengumumkan peluncuran produk tersebut, bersama-sama dengan Penfolds 2016 Collection. Ia menyebutkan pengalamannya itu seperti sensasi dengan mobil mewah.

Keelokan wadah tuang dan peluncuran botol Imperial itu menjadi atraksi utama, tapi kepala pembuatan wine Peter Gago menekankan bahwa kombinasi tersebut juga menjadi jalan keluar menuangkan minuman dari botol besar.

"Layanan seperti itu sangat rumit, dan belum pernah dilakukan sebelumnya di seluruh dunia. Ini seperti benchmarking, seluruh dunia bisa melakukannya dan kita bisa melakukannya."

Menurut Gago, seharusnya harga bukan menjadi masalah, katanya, "Mirip seperti kalau orang masih menanyakan harga sebuah Rolls Royce, artinya mobil itu bukan buat dia."

"Kalau kamu masih tanya-tanya tentang harga wadah dan botol ini, maka tidak usah membeli Imperial."

Sudah ada beberapa wadah dan Imperial yang laku dibeli oleh pembeli luar Australia, bahkan sebelum penjualan resmi pada Kamis lalu. Demikian juga halnya dengan koleksi wine keluaran anyar dari Penfold.

Untuk produk yang lebih terjangkau, tersedia botol saji (decanter) ukuran 750 ml yang dipadu dengan Grange berukuran biasa pada harga AUD 2100 (Rp 2,1 juta). Botolnya saja bernilai AUD 850 (Rp 842 ribu).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini