Sukses

2-10-1968: Bayi Kembar 6 Hebohkan Inggris Raya

Sheila Thorns melahirkan lebih dini dari waktu seharusnya, alias prematur. Ia melahirkan enam anak sekaligus.

Liputan6.com, London - Pada 2 Oktober 1968, hal luar biasa terjadi di Inggris. Seorang ibu bernama Sheila Thorns melahirkan bayi kembar. Bukan sepasang, tapi kembar 6.

Peristiwa ini sontak menghebohkan Inggris dan menjadi kasus perdana kelahiran kembar 6 di dunia.

Sheila Thorns melahirkan lebih dini dari waktu seharusnya, alias prematur. Dia menjalani operasi caesar untuk mengeluarkan enam buah hatinya.

Keenam bayi itu terdiri dari 4 laki-laki dan 2 perempuan. Mereka langsung dimasukkan ke dalam inkubator untuk perawatan intensif.

Namun satu bayi perempuan tak lama kemudian meninggal dunia meski para dokter telah berupaya semaksimal mungkin dengan memberikan transfusi darah. Kelima bayi lainnya, yakni Ian, Roger, Lynne, Julie dan Susan, terus diberikan perawatan intensif.

Kabar kelahiran bayi kembar 6 ini sontak menjadi perhatian banyak orang di Inggris. Menurut dokter, kelahiran tersebut sangat jarang bahkan 'tidak mungkin' kala itu. Dokter mengklaim, peluangnya 1 berbanding 3 miliar.

Sang ibu, Nyonya Thorns mengungkap mengapa ia bisa mengandung 6 bayi. Dia mengaku sebelumnya menjalani terapi kesuburan kandungan "gonadotrophin" setelah lama tak dikarunia anak sejak menikah. Dalam terapi tersebut, ia disuntik hormon yang disebut FSH dan LH.

Sedangkan, sang ayah, Barry Thorns mengungkap, dirinya sudah menduga sebelumnya bahwa istrinya akan melahirkan lebih dari satu anak, tapi ia benar-benar tak menyangka jika bakal ada 6 bayi yang lahir.

"Kami ingin sekali punya anak, waktu itu kami belum dikaruniai," ujar dia, seperti dimuat BBC. "Kami sangat terkejut saat diberitahu bahwa bakal ada 5 atau 6 bayi yang dilahirkan."

Dr Cooke yang menangani terapi kehamilan Sheila Thorns menjelaskan, sebelumnya ia membantu klien yang juga berhasil hamil dan melahirkan bayi kembar, tepatnya kembar 3.

Tapi untuk kali ini, kelahiran 6 bayi oleh Nyonya Sheila baru pertama kali terjadi di dunia."

Kami akan terus meneliti keefektifan terapi ini, sehingga nantinya sang ibu bisa menentukan ingin memiliki berapa bayi kembar," kata Cooke.

Sejak tahun 1983, telah terjadi beberapa kali kelahiran bayi kembar. Namun sebagian di antara bayi yang lahir, tak berhasil diselamatkan. Termasuk kasus Nyonya Thorns, yang pada akhirnya hanya 3 bayi yang sehat hingga tumbuh besar.

Kasus bayi kelahiran kembar 6 kembali di Inggris kembali terjadi pada tahun 1983. Enam bayi, bernama Jenny, Ruth, Lucy, Kate, Hannah, dan Sarah dilahirkan oleh Nyonya Walton. Semua bayi sehat hingga tumbuh besar.

Pada tanggal yang sama, 2 Oktober tahun 1990, pesawat maskapai Tiongkok Xiamin Airlines jenis Boeing 737 dibajak dan menabrak dua pesawat lainnya ketika mendarat di Guangzhou, menewaskan 132 orang.

Pada 2 Oktober 2009, UNESCO menetapkan batik sebagai warisan budaya manusia untuk dunia dari Indonesia. Selamat hari batik!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.