Sukses

Atlet Ini Kalahkan Leonidas Pemegang Rekor Olimpiade 2.000 Tahun

Atlet ini mendapatkan 22 medali emas Olimpiade, melewati 12 gelar perseorangan yang dipegang Leonidas dari Rhodes, Yunani.

Liputan6.com, Jakarta - Michael Phelps telah menumbangkan rekor Olimpiade berumur 2.000 tahun, dengan melewati 12 gelar perseorangan yang dipegang Leonidas dari Rhodes, Yunani.

Siapakah atlet yang rekornya memerlukan dua abad untuk dikalahkan ini?

Phelps mendapatkan 22 medali emas Olimpiade 2016 Rio, sembilan di antaranya dari nomor estafet. Pada gelar perseorangan dia baru saja mengalahkan atlet terbesar dunia kuno.

Leonidas dari Rhodes bertanding di empat Olimpiade kuno berturut-turut, pada tahun 164 SM, 160 SM, 156 SM dan 152 SM. Di masing-masing pesta olahraga ini dia memenangkan tiga lomba yang berbeda.

Michael Phelps menjadi atlet AS paling fenomenal di kancah Olimpiade setelah merebut medali emas di final renang 4 x 200 meter gaya bebas estafet putra, Selasa (10/8). Ia dijuluki

Atlet yang memenangkan tiga cabang Olimpiade dikenal dengan nama triastes. Hanya terdapat tujuh triastes dan Leonidas adalah satu-satunya yang dikenal mendapatkan gelar tersebut lebih dari satu kali.

Tambahan lagi, dia berusia 36 tahun pada Olimpiade keempat yang diikutinya, lima tahun lebih tua daripada Phelps saat ini.

Ketiga cabang yang dimenangkannya adalah stadion, sprint 200 meter; diaulos, dua kalinya stadion dan hoplitodromos, atau lomba memakai baju baja yang lebih jauh jaraknya.

Berbeda dengan sebagian besar lomba lari yang dilakukan telanjang, lari berbaju baja mewajibkan peserta memakai pakaian perang yang berat. Kemungkinan terdiri dari helm baja, penutup dada, lutut dan tameng dari tembaga dan kayu.

"Lari pada semua cabang berturut-turut adalah suatu kelebihan," kata kurator senior British Museum, Judith Swaddling seperti dikutip dari BBC, Minggu (14/8/2016).

"Setelah meninggal, dia dipuja seperti dewa di Rhodes, tambahnya.

Dia juga masuk dalam sastra Yunani. Sastrawan Pausanias menggambarkannya sebagai seorang "pelari paling terkenal".

Patungnya dirinya di Rhodes menyatakan bahwa "Dia secepat Tuhan", dan inilah hal yang harus dikalahkan Phelps.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini