Sukses

Bikin Merinding, Bulu Mata Bocah Ini Dihuni Kutu dan Telurnya

Dokter mengangkat sembilan kutu dan telurnya yang menghuni bulu mata bocah berusia lima tahun asal Tiongkok.

Liputan6.com, Wuhan - Seorang anak perempuan berusia lima tahun menderita gatal luar biasa di bagian matanya. Kepada orangtuanya, ia mengaku merasakan sesuatu yang berlendir di sekitar indra penglihatannya itu, meski ia telah membasuhnya berkali-kali.

Maka, orangtuanya pun membawanya ke sebuah rumah sakit di Wuhan, di Provinsi Hubei, China.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Sabtu (6/8/2016), setelah diperiksa dokter, terkuaklah penyebab penderitaan bocah malang tersebut. Ternyata, ada 9kutu dan 20 telurnya yang bersarang di bulu matanya.

Ada 9 kutu dan 20 telurnya yang bersarang di bulu mata bocah asal Tiongkok

Parasit tersebut kemudian diangkat oleh dokter. Video yang menggambarkan tindakan medis itu diunggah ke dunia maya pada 25 Juli 2016.  

20 kutu dan telurnya diangkat dari bulu mata bocah asal Tiongkok

Peristiwa seperti itu bukan kali ini saja terjadi. Pada tahun lalu, seorang bocah perempuan berusia 4 tahun dari Xiamen, Tiongkok juga menderita hal yang sama.

Pada 25 Agustus 2015, ibunya, Xiao dan sang nenek memutuskan untuk membawanya ke rumah sakit.

Dokter kemudian mengangkat 20 kutu kemaluan dari bulu matanya. Menurut laporan, prosedur tersebut dilakukan untuk mengakhiri penderitaan akibat rasa gatal tak terkira yang dialami pasien selama 5 hari.

Kutu kemaluan atau Phthirus pubis adalah serangga parasit kecil yang hidup di rambut kasar manusia, misalnya yang ada di sekitar alat vital.

Selain itu, kutu tersebut juga terkadang ditemukan di ketiak dan rambut kaki, rambut pada wajah -- misalnya janggut dan kumis, bulu mata, juga alis.

Mereka yang terjangkit kutu kemaluan tidak selalu berarti memiliki tingkat kebersihan diri yang buruk.

Kutu itu biasanya menyebar melalui kontak fisik dengan orang yang terinfeksi -- atau dengan perantaraan selimut, handuk, sprei, atau pakaian penderita.

Jika kemaluan kamu tiba-tiba terasa sangat gatal, bisa jadi penyebabnya adalah kutu kemaluan atau kutu gorila.



Kutu kemaluan telah menyerang manusia selama ribuan tahun. Para arkeolog menemukan spesimen fosil makhluk itu di Inggris, dari masa Abad ke-1 Masehi.

Phthirus pubis adalah hasil evolusi dari moyangnya, kutu gorila (Pthirus gorillae) sekitar 3,3 juta tahun lalu.

Parasit itu beradaptasi untuk hidup di area tubuh manusia yang memiliki kepadatan rambut atau bulu seperti pada gorila.

Kutu dewasa bertelur di batang rambut, dekat kulit. Kemudian, 10 hari setelahnya telur mereka menetas jadi nimfa dan mulai mengisap darah manusia.

Saksikan video pengangkatan kutu dari bulu mata pasien:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.