Sukses

Selain Mike Mohede, 5 Tokoh Dunia Ini Tewas Akibat Sakit Jantung

Selain Mike Mohede yang meninggal akibat serangan jantung, tercatat ada lima kematian orang terkenal lainnya dengan cara yang sama.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia musik Indonesia tengah berduka setelah kehilangan salah satu talenta berbakatnya, Mike Mohede. Pria jebolan ajang kontes menyanyi Indonesian Idol itu meninggal dunia diduga akibat serangan jantung mendadak saat tidur.

Selain Mike Mohede yang meninggal akibat serangan jantung, tercatat ada lima orang terkenal lainnya yang mengembuskan napas terakhir dengan cara serupa.

Berikut ini selengkapnya, yang Liputan6.com kutip dari www.biography.com, Senin (1/8/2016):

1. Tokoh Revolusi China, Mao Zedong

Sejumlah diktator ternyata pernah menulis buku dan karya tulis lainnya. (Sumber biographyonline.net dan Wikipedia)

Mao Tse-tung atau Mao Zedong adalah negarawan sekaligus pendiri negara Republik Rakyat China.

Pria yang lahir pada 26 Desember 1893 di Shaoshan, Provinsi Hunan, itu menjabat sebagai pemimpin Republik Rakyat China 1949-1959 dan Partai Komunis Negeri Tirai Bambu dari 1935 sampai kematiannya.

Beberapa tahun terakhir hidupnya, Mao mengalami penurunan kesehatan akibat penyakit Parkinson. Menurut dokternya, ia juga menderita amyotrophic lateral sclerosis, serta penyakit paru-paru akibat merokok dan masalah jantung.

Mao terkena dua serangan jantung parah pada 1976, satu pada bulan Maret dan satu pada Juli. Lalu yang ketiga terjadi pada 5 September, bahkan sampai membuat dia tak sadarkan diri.

Mao Zedong meninggal hampir empat hari kemudian setelah tengah malam, pukul 00.10. Ia tutup usia pada 9 September 1976 di usia 82 tahun.

Partai Komunis China menunda pengumuman kematiannya hingga pukul 16.00 hari itu. 

2. Penyanyi dan Penulis Lagu, Jim Morrison

Jim Morrison

Jim Morrison adalah penyanyi karismatik dan penulis lagu untuk grup Stone Doors pada 1960.

Pria kelahiran 8 Desember 1943, di Melbourne, Florida, dikenal sebagai peminum alkohol, pemakai narkoba, dan temperamental. Ia hengkang dari Stone Doors untuk menulis puisi dan pindah ke Paris.

Pada 3 Juli 1971, penyanyi rock Amerika dan penulis lagu itu ditemukan meninggal di bak mandi apartemen mereka. Menurut laporan ia mengalami gagal jantung.

Pejabat Prancis tidak menemukan bukti mencurigakan yang terkait dengan penyebab kematiannya, tidak ada otopsi dilakukan, sehingga itu justru memicu spekulasi tak berujung dan teori konspirasi.

Pada tahun 2007, seorang pemilik klub Paris bernama Sam Bernett menerbitkan sebuah buku yang mengklaim Morrison meninggal karena overdosis heroin di kelab malam. Lalu ia dibawa kembali ke apartemennya dan ditempatkan di dalam bak mandi untuk menutupi alasan sebenarnya atas kematiannya.

Jim Morrison dimakamkan di Pere Lachaise yang terkenal di Paris. Makamnya sejak itu menjadi salah satu tujuan wisata populer kota Prancis. Usianya baru 27 tahun pada saat kematiannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Elvis Presley hingga Brittany Murphy

3. Elvis Presley

Elvis Presley

Musikus dan aktor Elvis Presley mengalami ketenaran yang cepat pada pertengahan 1950. Saat itu ia muncul di radio, TV, dan layar perak. Ia terus menjadi salah satu nama terbesar dalam dunia rock n roll.

Pria yang lahir pada 8 Januari 1935, di Tupelo, Mississippi, itu dinyatakan meninggal dunia pada tanggal 16 Agustus 1977. Saat itu usianya 42 tahun.

Penyebab kematiannya disebutkan karena gagal jantung, yang berkaitan dengan kecanduan obat.

Meski telah lama berpulang, Elvis Presley tetap menjadi salah satu ikon musik paling populer di dunia.

Presley dimakamkan di Graceland, dekat kuburan ibunya, Gladys, ayahnya Vernon, dan sang nenek, Minnie Mae Hood Presley.

4. Presiden Rusia, Boris Yeltsin

Presiden pertama Federasi Rusia Boris Yeltsin (Ria Novosti)

Boris Yeltsin adalah presiden terpilih pertama Rusia. Pria kelahiran 1 Februari 1931 mereformasi negaranya menjadi lebih kapitalis dan demokratis, tapi kadang-kadang menggunakan kekerasan untuk memadamkan pembangkangan.

Setelah sembilan tahun menjabat sebagai presiden, ia memutuskan Rusia membutuhkan kepemimpinan baru. Boris Yelstin lantas mengundurkan diri untuk digantikan oleh Vladimir Putin.

Kesuksesan kariernya pada pemilu tahun 1996 tak sejalan dengan kesehatan Yeltsin. Ia memiliki kesehatan yang buruk.

Yeltsin menjalani operasi bypass jantung pada November tahun itu. Selain itu, ia juga memiliki masalah pernapasan dan dilaporkan menderita serangan depresi dan terkait konsumsi alkohol.

Yeltsin menderita penyakit jantung selama masa jabatan pertamanya sebagai Presiden Federasi Rusia hingga akhir hayatnya. Jantungnya diketahui bermasalah pada Maret 1990, setelah terpilih sebagai anggota parlemen.

Penyebab kematiannya 23 April 2007 dicatat akibat gagal jantung.

5. Artis Brittany Murphy

Brittany Murphy. (IMDB)

Artis Brittany Murphy terjun ke dunia entertainment sejak berusia 14 tahun di sitkom Fox, Drexell Class (1991). Tak lama kemudian, dia segera mendapat peran dalam serial Clueless dan Emma.

Setelah sukses membintangi Clueless, Murphy ditawari serangkaian peran film lain, termasuk Girl, Interrupted, 8 Mile, dan Sin City.

Karirnya menurun pada Desember 2009, pun demikian dengan kehidupan Murphy. Sang suami, penulis naskah Simon Monjack, dirawat di rumah sakit karena masalah kesehatan.

Pada bulan yang sama, ia mengungkapkan bahwa ia juga secara tak terduga keluar dari film The Caller, yang diambil di Puerto Rico. Laporan awal menunjukkan bahwa ia telah dipecat, tapi Murphy membantah rumor tersebut.

Tak lama kemudian, pada 20 Desember 2009, Murphy dikabarkan meninggal karena serangan jantung pada usia 32 tahun.

Kematiannya kemudian dikaitkan dengan pneumonia akut dan anemia berat. Suami aktris itu meninggal lima bulan kemudian.

Pada saat kematiannya, beredar rumor mengenai kemungkinan penggunaan narkoba atau gangguan makan parah yang dialaminya.

Sang ayahnya justru mengemukakan teori lain pada November 2013. Dia merilis hasil tes dilakukan pada sampel rambut Murphy yang menunjukkan paparan racun tikus.

Teori lain mengenai kematian Murphy juga telah muncul. Menurut The Hollywood, baik Murphy dan suaminya percaya bahwa mereka sedang diawasi oleh pemerintah AS.

Murphy dikabarkan tengah menjadi saksi untuk Julia Davis, seorang karyawan Homeland Security yang mengungkapkan masalah dalam organisasi itu.

Davis pun mengklaim bahwa pemerintah mungkin bertanggung jawab atas kematian Murphy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini