Sukses

9 Hewan Ini Berhasil Mendapat Gelar dari Perguruan Tinggi

Sejumlah hewan berikut ini berhasil mendapatkan gelar pendidikan, baik lewat jalur legal maupun ilegal.

Liputan6.com, Jakarta - Ilmu yang diperoleh melalui pendidikan, baik formal maupun non formal, merupakan salah satu investasi terbaik sebagai bekal menjalani hidup.

Tak mengherankan banyak orang rela bekerja keras untuk mendapatkan pendidikan dari tempat terbaik di dunia dan bermimpi untuk mendapatkan gelar dari universitas ternama.

Ternyata tak hanya manusia yang bisa mendapatkan gelar pendidikan, beberapa hewan juga dapat memperolehnya.

Sayangnya gelar yang diperoleh hewan tersebut tak selamanya dengan cara legal, karena banyak dari pemilik mereka yang membeli ijazah dari institusi pendidikan tak berakreditasi.

Dikutip dari Oddee, Minggu (22/5/2016), berikut 9 hewan yang berhasil meraih gelar pendidikan.

1. Anjing Lulus dari Kampus yang Sama dengan Tuannya

Ilustrasi anjing pelayan (Flickr/Michael).

Rocko merupakan anjing kepolisian yang menerima gelar Sarjana Sains untuk jurusan Peradilan Pidana. Kepala Departemen Kepolisian Seneca County juga memiliki gelar dari 'sekolah' yang sama.

Namun gelar tersebut didapatkan dari lembaga pendidikan tak berakreditasi yang mengeluarkan ijazah untuk siapapun dengan membayar $499 atau Rp 6,7 juta.

2. Kucing yang Membantu Mendapatkan Gelar Diploma

Ilustrasi kucing belajar (Flickr/michael).

Seorang kucing bernama Colby Nolan, didaftarkan oleh pemiliknya untuk melanjutkan ke jenjang S2 dalam program master bisnis.

Sebelumnya sang pemilik yang merupakan wakil bupati mengklaim bahwa kucingnya telah menyelesaikan 3 program di perguruan tinggi, bekerja sebagai manajer di dua toko ritel, menyiapkan makanan di sebuah restoran cepat saji, dan mengasuh bayi.

3. Anjing yang Memegang Peranan Penting dalam Sidang

Ilustrasi anjing wisuda (Flickr/Lacy).

Seorang saksi bernama Joe Galloway, melakukan sebuah penipuan ketika ditanya mengenai identitasnya. Ia berkata kepada pengadilan bahwa gelarnya didapat dari Concordia College di Virgin Island AS.

Seorang pengacara BSkyB menunjukkan website perguruan tinggi tersebut ke pengadilan. Universitas tersebut menjanjikan akan memberikan ijazah kepada siapa pun yang membayar sejumlah uang.

Pengacara tersebut kemudian menunjukkan bahwa anjingnya, Lulu, telah mendapatkan gelar lebih tinggi dari apa yang diperoleh Galloway. Akhirnya saksi tersebut kehilangan kredibilitasnya.

4. Anjing dengan Gelar Kalkulus

Timothy dan anjingnya Elvis (toledoblade.com)

Seekor anjing berjenis Corgi bernama Elvis, mendapat gelar doktoral dari Hope College. Pasalnya pemiliknya, Professor Timothy, mengatakan bahwa anjingnya selalu dapat menemukan jalan terdekat untuk mengambil bola yang dilemparnya.

Menurutnya, hal tersebut sama seperti apa yang disarankan oleh rute kalkulus. Selain itu, Elvis juga selalu memilih berlari daripada berenang untuk mendapatkan bolanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anjing Menghadiri Wisuda

5. Kucing Hampir Diterima di Sebuah Perguruan Tinggi

Kitty O'Malley (The Ledger).

Pada 1973, seorang kucing bernama Kitty O'Malley lulus dari sekolah menengah atas setelah pemiliknya membayar $25 atau Rp 340 ribu ke sebuah 'sekolah'. Atas ijazah itu, ia hampir saja diterima oleh Polk Community College.

Namun hal itu tak terjadi setelah institusi pendidikan tersebut menyadari tipu muslihatnya dan kemudian menolak pendaftaran kucing tersebut.

6. Anjing Menerima Gelar Kehormatan

Kirsch saat mendampingi Carlos Mara saat diwisuda di Johns Hopkins University (Huffingpost.com).

Anjing bernama Kirsch mungkin tak memperhatikan penjelasan dosen selama ia menghadiri kelas di Johns Hopkins University, namun pada akhirnya ia melengkapi persyaratan untuk dapat lulus dari lembaga pendidikan tersebut.

Keberadaan Kirsch di universitas tersebut, bertujuan untuk membantu tuannya, Carlos Mora, dalam meraih gelar master di bidang konseling kesehatan mental.

7. Anjing yang Bersekolah di Oklahoma University

Samson, anjing pelayan saat diwisuda (newson6.com).

Anjing pelayan bernama Samson mungkin tak dapat membaca, namun ia masih tetap datang di Oklahoma Univeristy. Faktanya, di tempat itulah ia dipersiapkan untuk menjadi anjing pelayan profesional.

Setelah dua tahun bekerja sebagai anjing terapis, ia menerima gelar kehormatan bersama dengan 300 orang lainnya. Di hari wisudanya, Samson juga mengenakan toga dan berjabatan tangan dengan administrator.

8. Seekor Anjing Membuktikan Sekolah yang Mengeluarkan Ijazah Palsu

Chester Ludlow (Get Educated).

Maskot GetEducated.com Chester Ludlow membantu mengungkap sekolah online bernama Rochville Univeristy yang mengeluarkan ijazah palsu. Ludlow mendapat gelar MBA dan transkrip dari univeristas yang terdapat di Dubai tersebut dengan membayar $499 atau Rp 6,79 juta.

9. Kucing yang 'Lulus' Sekolah Menengah Atas

Oreo Collins, seekor kucing yang 'lulus' sekolah menengah atas (Kelvin Collins).

Oreo Collins merupakan seekor kucing peliharaan yang diminta untuk mengikuti sebuah tes agar mendapatkan gelarnya. Karena ia tak dapat membaca dan menulis, sang pemilik, Kelvin, pun membantunya.

Oreo juga diminta untuk menulis esai mengenai pengalaman hidup, yang pastinya dibuat oleh pemiliknya. Pada akhirnya ia lulus General Educational Development (GED) tes dengan nilai hampir semua A dari Jefferson High School Online, sebuah institusi pendidikan tak terakreditasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.