Sukses

Dana Hibah Jepang untuk Renovasi SMP Islam di Bulukumba

SMP islam Al-Irsyad merupakan SMP satu-satunya di Desa Balibo. Bangunan yang awalnya hanya memiliki 2 ruangan yang dibagi dengan triplek.

Liputan6.com, Bulukumba - Pemerintah Jepang melalui kedutaannya di Jakarta, Indonesia memberikan bantuan dana hibah grassroots  untuk keamanan manusia. Perwakilan pun memberikannya kepada SMP Islam Al-Irsyad, Desa Balibo, Kecamatan Kindangan, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan Rabu ini.

"SMP Al-Irsyad yang berdiri saat ini merupakan hasil dari 'Proyek Pembangunan dan Rehabilitasi SMP Al-Irsyad Bulukumba' senilai US$ 69.299 (sekitar (Rp 916 juta), yang telah ditandatangani Pemerintah Jepang dan Yayasan Al-Irsyad Bulukumba pada bulan Maret 2015," demikian dijelaskan perwakilan dari kedutaan Negeri Sakura melalui keterangan tertulis yang diterima Rabu (6/4/2016).

SMP Al-Irsyad merupakan SMP satu-satunya di Desa Balibo. Bangunan tersebut hanya memiliki 2 ruangan yang dibagi dengan triplek.

"Agar siswa-siswi dapat belajar dalam lingkungan yang lebih baik, telah dibangun satu bangunan sekolah (3 ruang kelas), satu ruang Lab IPA dan satu toilet. Selain itu bangunan sekolah yang lama direnovasi menjadi ruang guru dan perpustakaan," imbuh pihak kedutaan.

"Dengan bantuan tersebut, diharapkan perbaikan lingkungan pendidikan bagi sebanyak 68 siswa di SMP Al-Irsyad Bulukumba, yang pada akhirnya manfaatnya dirasakan oleh seluruh desa."

Acara ini dihadiri oleh beberapa perwakilan dari Kedutaan Besar Jepang di Indonesia yakni Mari Takada dan Masaki Tani dari Kepala Kantor Konsuler Japang di Makassar.

Selain itu, Bupati Kabupaten Bulukumba, A.M Sukri A.Sappewali dan Ketua Yayasan Al-Irsyad Bulukumba, La Ode Hardiman, juga hadir. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.