Sukses

Top 3: Praktik Operasi Plastik Ada Sejak Abad ke-6 SM

Operasi plastik ternyata tidak hanya dilakukan oleh masyarakat modern saja, tapi telah dilakukan sejak abad ke-6 SM.

Liputan6.com, Jakarta - Operasi plastik dikenal sebagai tindakan kedokteran modern. Namun, dalam sebuah transkrip kuno mengungkap bahwa teknik tersebut telah dilakukan sejak 6 abad sebelum Masehi.

Teknik Rhinoplasty dan operasi plastik lainnya telah dilakukan di India kuno oleh dokter ayurveda--pengobatan kuno yang berasal dari India. Sushruta menggambarkan rekonstruksi hidung dalam sebuah transkrip bernama Sushruta Samhita.

Rupanya temuan itu menarik pembaca Liputan6.com kanal Global edisi Rabu, (23/3/2016). Dua berita lainnya yang juga bikin penasaran adalah anggota militer Inggris diberi jatah makanan yang menjijikan, juga dongeng cinderella ternyata menciplak cerita Tiongkok yang berusia 2.200 tahun.

Berikut Top 3 Global selengkapnya.

1. Ternyata, Operasi Plastik Sudah Ada Sejak Abad ke-6 SM

Sushruta, dikenal sebagai bapak bedah India (Foto: sushruta.in).

Teknik Rhinoplasty dan operasi plastik lainnya telah dilakukan di India kuno oleh dokter ayurveda--pengobatan kuno yang berasal dari India semenjak abadd 6 SM. Transkrip Sushruta Samhita menggambarkan rekonstruksi hidung dalam sebuah transkrip bernama Sushruta Samhita.

Pada masa itu, mengamputasi bagian tubuh seperti hidung, alat kelamin, lubang telinga dan bagian tubuh lainnya digunakan sebagai hukuman oleh institusi agama, pidana, atau militer.

Ia dan para muridnya kemudian mengembangkan tindakan operasi plastik untuk merekonstruksi ulang bagian tubuh yang diamputasi. Sushruta juga mengembangkan teknik otoplastik untuk merekonstruksi lubang telinga dengan mengambil kulit dari bagian pipi dan dahi.

Selengkapnya...

2. Makanan Menjijikkan Ini Disajikan untuk Anggota Militer Inggris

Tomat yang memiliki belatung dan ayam mentah disajikan kepada militer Inggris. (dailymail)

Dalam rangka memprotes jasa katering Kementerian Pertahanan Inggris, prajurit pria dan wanita mengunggah makanan menjijikkan yang dihidangkan kepada mereka.

Foto-foto yang diunggah ke Facebook memperlihatkan tomat yang terdapat belatung, ayam mentah, dan telur masak yang berjamur.

Seorang tentara yang hanya diketahui bernama Alfie diduga telah mengajukan keluhannya kepada badan pemerintahan Food Standards Agency.

Selengkapnya...

3. Dongeng Cinderella Jiplak Cerita Tiongkok Berusia 2.200 Tahun?

Pernikahan pada Dinasti Qing (Foto: Wikimedia Commons).

Cinderella merupakan salah satu tokoh fiksi yang populer di dunia. Cerita tersebut pertama kali muncul dalam film animasi yang dibuat oleh Walt Disney Pictures di tahun 1950.

Tokoh fiksi protagonis tersebut diakui telah dibuat pada abad ke-17 oleh penulis Italia, Giambattista Basile.

Pada abad ke-18, seorang penulis asal Prancis, Charles Perrault, menulis Cinderella dengan versi lebih ramping dan menjadi edisi yang paling banyak dibaca.

Namun jauh sebelum itu, Tiongkok juga memiliki tokoh "Cinderella" bernama Ye Xian. Dalam cerita itu, ia digambarkan sebagai gadis muda yang hidup pada masa Dinasti Qin dan Han (221-206 dan 206-220 SM).

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini