Sukses

Cantik Tapi 'Misterius'...Ini Gambaran Pramugari Maskapai Korut

Liputan6.com, Pyongyang - Sekilas, akun Twitter @misskimpyongya1 terlihat meyakinkan. Pemiliknya yang mengaku sebagai 'Air Koryo stewardess' atau pramugari Air Koryo memajang foto seragam awak kabin berwarna merah, lengkap dengan lencana bergambar dua pemimpin Korea Utara, Kim Il-sung dan Kim Jong-il.

Air Koryo -- yang dulu bernama Choson Minhang -- adalah sebuah maskapai penerbangan milik pemerintah Korea Utara yang bermarkas di Bandara Internasional Sunan, Pyongyang. Perjalanan dari dan ke Korut hanya dilayani perusahaan pelat merah itu.


Akun @misskimpyongya1 yang memiliki 1.703 follower itu juga memajang ratusan foto, di antaranya restoran sushi di Bandara Pyongyang, kondisi bandara di Korut, juga pesawat yang terpotret di landasan -- yang hampir semuanya adalah Air Koryo.

Ia juga memberi gambaran tentang penerbangan Air Koryo: eksterior, interior, kokpit dan pilot, kursi kelas bisnis, makanan yang dihidangkan dalam penerbangan. Pun dengan kondisi kota Pyongyang  -- ibu kota negara paling menutup diri di muka Bumi.

Layanan pramugari dalam kabin Koryo Air Korea Utara (Twitter/ @misskimpyongya1)


Juga ada foto sang pemimpin Korut, Kim Jong-un yang sedang berjalan di atas karpet merah, sesaat setelah turun dari pesawat terbang.

"Saya cinta Kim Jong-un, Republik Demokratik Korea, menjadi pramugari Air Koryo, tinggal di Pyongyang, menari, karaoke, piza, sepati, dan K-pop," demikian yang ia deskripsikan dalam akun Twitternya.

Namun, tak jelas apa istilah 'K-pop' yang ia maksud. K-pop yang selama ini dikenal luas adalah singkatan dari Korean Pop -- jenis musik populer dari Korea Selatan.

Tak ayal, hal tersebut menimbulkan pertanyaan besar. "Apakah akun ini menawarkan gambaran tentang negara paling rahasia? Parodi? Atau sekedar propaganda," demikian seperti dikutip situs Haaretz, Senin (29/1/2016).

 

Pramugari Koryo Air Korea Utara (Twitter/ @misskimpyongya1)


Mungkin, jika maskapai lain yang melakukannya, hal tersebut akan dianggap sebagai iklan. Namun, mencurigakan jika yang melakukannya adalah Air Koryo, yang sering dijuluki 'maskapai terburuk di dunia' versi  Skytrax.

Namun, seperti dikutip dari artikel Bloomberg yang dipublikasikan pada Februari 2016, setelah bertahun-tahun menyandang predikat tersebut, Air Koryo telah melakukan revolusi -- demikian berdasarkan wawancara dengan sejumlah penumpang dan pihak agen perjalanan.

Maskapai tersebut kini menggunakan pesawat-pesawat baru, yang dilengkapi dengan fasilitas hiburan. Para pramugrari dan awak kabin juga menggunakan seragam baru. Bahkan, ada kelas bisnis dalam penerbangannya.

 

Hiburan dalam kabin Koryo Air Korea Utara (Twitter/ @misskimpyongya1)

 

Air Koryo juga memiliki sejumlah pramugari -- para perempuan pilihan yang bertugas melayani para penumpang.

Para pramugari tersebut bahkan pernah dijadikan gambar sampul media Korut, Chosun edisi September 2015.

Dalam gambar luar majalah tersebut terlihat 5 pramugari cantik, berpakaian seragam gelap, memakai lencana Kim Il-sung dan Kim Jong-il, membawa koper hitam, sedang berjalan di Bandara Internasional Sunan, Pyongyang.

 

Foto pramugari Koryo Air jadi sampul majalah (Chosun)

Mengenakan rok pendek dan sepatu hitam, para pramugari Korea Utara terlihat serupa dengan awak kabin di maskapai lain.