Sukses

Unik, Festival Menimpuk Sosok 'Maling Ternak'

Sebuah festival unik di Spanyol digelar belum lama ini, menyambit sosok 'maling ternak' menggunakan lobak. Penasaran?

Liputan6.com, Piornal - Ratusan warga kota kecil Piornal di Spanyol mengejar-ngejar seekor 'kambing' berwarna-warni dan menyambitnya dengan lobak.

Namun, jangan merasa heran. Dikutip Huffington Post, Kamis (21/01/2016), itu adalah bagian dari tradisi tahunan 'Jarramplas' yang diadakan di kota itu setiap tanggal 19 dan 20 Januari.

Sesuai dengan tradisi tahunan tersebut, seorang sukarelawan mengenakan kostum dengan pita aneka warna dan topeng setan bertanduk. Ia kemudian berkeliling kota sambil menabuh genderang dan akan melakukan ini sekuat-kuatnya menahan 'hukuman'.

Festival tradisional menimpuki 'maling ternak' di kota Piornal, Spanyol. (Sumber habla.pl)

Para petani setempat menyediakan sekitar 18 ton lobak untuk keperluan festival ini.

Meski asal usul tradisi ini masih belum memiliki kejelasan, namun pejabat pariwisata setempat menyebutkan bahwa sosok 'Jarramplas' menggambarkan sosok maling ternak. Namun, sejumlah pihak menyebutkan bahwa ada akar religius pada festival ini.

Merujuk kepada Daily Mail, tradisi lempar lobak ini sudah berlangsung beberapa abad dan dirayakan pada hari Santo Sebastian di kota berpenduduk 1.500 orang ini.

Festival tradisional menimpuki 'maling ternak' di kota Piornal, Spanyol. (Sumber The Atlantic)

Selain teori tentang penghukuman maling ternak oleh warga Indian sebagaimana disaksikan oleh para pendatang Eropa, teori lain mengkaitkan tradisi ini dengan raksasa pencuri ternak bernama Cacus yang ditimpuki oleh Hercules dalam mitologi Yunani.

Pada masa modern sekarang ini, Jarramplas dikenal sosok iblis sementara pelemparan lobak menggambarkan pengusiran segala sesuatu yang buruk.

Jarramplas bukanlah satu-satunya tradisi unik di Spanyol dan bukan satu-satunya yang melibatkan buah dan sayuran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.