Sukses

7-1-1990: Setelah 800 Tahun Menara Miring Pisa Ditutup

Liputan6.com, Pisa - Siapa tak kenal menara miring Pisa di Italia? Objek wisata aneh dan mengagumkan di kota kecil Pisa, Tuscany, Italia, itu selama beratus-ratus tahun mampu menjadi magnet bagi para turis.

Namun siapa sangka Menara Pisa sempat ditutup untuk publik pada 7 Januari 1990. Penutupan sementara ini sangat bersejarah. Bagaimana tidak? Penutupan itu merupakan yang pertama sejak 800 tahun lampau. Demikian seperti dilansir dari BBC History, Kamis (7/1/2016).

Kala itu, penutupan menara miring Pisa mendadak sontak memunculkan banyak spekulasi. Salah satunya adalah terkait struktur bangunan ini yang makin rapuh atau dalam kata lain menara tersebut semakin miring.

Benar saja. Usai penelitian dilancarkan, menara tersebut selama 100 tahun terakhir mengalami penambahan kemiringan sebanyak hampir 2,9 meter.

Para peneliti menyebut kemiringan disebabkan tanah tempat menara berdiri di bagian selatan dan utara semakin lembek.

Melihat kondisi tersebut dan tak ingin tempat bersejarah menjadi benar-benar tinggal kenangan, pemerintah Italia turun tangan. Mereka menurunkan tim ahli selama 3 bulan lamanya demi menyelamatkan Menara Pisa dari kehancuran.

Menara miring Pisa memang merupakan bangunan fenomenal. Bangunan tersebut didirikan pada abad 13.

Dahsyatnya, pembangunan menara Pisa memakan waktu 200 tahun. Setelah didirikan di abad pertengahan tempat ini kerap dipakai untuk prosesi keagamaan.

Pada tanggal yang sama pada 1979, penguasa Kamboja yang kejam Pol Pot berhasil digulingkan. Pol Pot terguling oleh militer Vietnam.

Selain itu masih di 7 Januari di tahun 1984, Brunei Darussalam resmi masuk jadi negara ke-6 anggota ASEAN.**

Video Populer Global

Tutup Video