Sukses

Berusia 8 Tahun, Gadis Ini Mengidap Kanker Payudara

Liputan6.com, Utah - Seorang gadis asal Utah didiagnosis mengidap kanker payudara langka di usianya yang baru delapan tahun.

Chrissy Turner menemukan benjolan di dadanya bulan lalu yang ternyata merupakan satu dari 1 juta jenis yang disebut carcinoma.

"Ia menghampiri kami pada Minggu sore, dan mengatakan, 'Ibu, aku takut dengan benjolan ini'," ucap Annette Turner, ibu Chrissy, dikutip News.com.au, Rabu (25/11/2015).

Ia sudah menyadari ada benjolan itu selama beberapa lamanya. Ia menjadi pasien termuda di AS yang memiliki kanker payudara tipe ini.

Pasien termuda lainnya adalah bocah perempuan asal Korea yang masih berusia 3 tahun, menurut catatan medis pada 2000. Ia menjalani operasi setelah benjolan ditemukan di dadanya.

Chrissy Turner, penderita kanker payudara termuda di Amerika akan menjalani pembedahan Desember bulan depan. (News.com.au)

Pada 2009, seorang gadis 10 tahun di AS menjadi pasien termuda yang didiagnosis dengan kanker payudara. Ia 2 tahun lebih tua daripada Chrissy. Desember mendatang, Chrissy akan menjalani mastectomy, yakni pengangkatan payudara. Menurut dokter, pembedahan diduga akan berjalan lancar.

"Saya takut saat mengetahuinya," ujar Chrissy. "Namun saya tahu saya bisa melawannya dan saya berharap mampu melawannya."

Kanker merupakan penyakit keturunan dalam keluarga Turner. Annette menderita karker serviks dan suaminya, Troy, didiagnosis mempunyai kanker limfa pada 2008.

"Hati dan pikiran saya curahkan kepada putri saya dan pada kesembuhannya," ujar Annette. "Setiap hari adalah perjuangan, memikirkan keluarga saya, suami, dan anak putri saya.

"Ia menjadi penenang ketika suami saya menjalani kemoterapi. Ia selalu membuat kami tertawa dan menjadi bijak melebihi anak-anak lain seusianya," tutur Annette.

Dokter Chrissy, Dr Brian Buxher dari Primary Children’s Hospital Salt Lake City, menyatakan ia yakin kanker tersebut bisa disembuhkan.

"Ini bisa disembuhkan," ujar Dr Bucher. "Chrissy perlu menjalani mastectomy untuk mengangkat jaringan sisa agar kanker tidak tumbuh kembali.

Sementara itu, teman-teman dari keluarga Turner telah membuat laman GoFundMe. Dana itu untuk membayar biaya pengobatan Chrissy yang jumlahnya tak sedikit.

"Saya tahu biaya perawatan kanker Troy selama 7 tahun merupakan beban. Mereka bahkan mengalami kebangkrutan pada Juli 2013," seorang teman keluarga menulis di halamannya. "Biaya rata-rata perawatan kanker di AS selama 5 tahun sejumlah US$ 256 ribu, rata-rata mastectomy adalah US$ 37 ribu dengan biaya US$ 25-50 ribu per payudara untuk melakukan rekonstruksi dada.

"Sekarang saatnya kita membalas kebaikan keluarga ini, bantu mereka, hibur mereka, mendukung, serta mendoakan. Semua yang Anda bisa donasikan, apa pun itu bisa membantu. Terima kasih banyak," tulisnya. (Ikr/Rcy)**