Sukses

Kelompok Jihadis Eropa Digerebek, Belasan Orang Ditahan

Polisi meyakini sebagian orang ini telah mengunjungi Suriah atau Irak untuk berperang dengan kelompok jihadis.

Liputan6.com, London - Polisi menargetkan 17 orang dalam sejumlah penggerebekan di beberapa negara Eropa terkait dugaan jaringan jihadis. 6 Orang yang diduga terlibat ditangkap di Italia, 4 orang di Inggris dan 3 orang lainnya diciduk di Norwegia.

Polisi meyakini sebagian orang ini telah mengunjungi Suriah atau Irak untuk berperang dengan kelompok jihadis.

Kantor berita Italia, Ansa melaporkan para terduga pelaku dituduh terlibat terorisme internasional. Jaringan tersebut diduga berusaha membebaskan pemimpinnya Mullah Krekar yang ditahan di Norwegia.

North East Counter Terrorism Unit Inggris mengatakan, 4 pria ditangkap di Inggris setelah dilakukannya operasi antiterorisme yang dipimpin petugas keamanan Italia.

"Kami memahami masyarakat mengkhawatirkan penangkapan hari ini. Meskipun demikian, kami ingin menenangkan masyarakat bahwa kegiatan hari ini adalah hasil dari penyelidikan yang dilakukan berdasarkan data intelijen," ujar pernyataan North East Counter Terrorism Unit.

"Tidak ada bukti yang mengisyaratkan masyarakat dalam bahaya," imbuh pernyataan itu seperti dikutip BBC, Kamis 12 November 2015.

Penangkapan ini adalah bagian dari operasi yang sudah direncanakan sebelumnya terkait dugaan pelanggaran terorisme berdasarkan hukum Italia.

Polisi mengatakan keempat pria ini akan diajukan ke Westminster Magistrates Court, tetapi tidak menyebutkan tanggal pastinya. (Ado/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.