Sukses

Aksi Calon Pengantin Cantik Selamatkan Pria Tenggelam Tuai Pujian

Guo telah merusak gaun pengantin, make-up dan mematahkan kukunya demi menyelamatkan nyawa orang lain.

Liputan6.com, Beijing - Aksi wanita ini menuai pujian banyak orang sebab ia tak pandang bulu dan menyelamatkan seorang pria tenggelam yang tak sadarkan diri.

Kejadian itu bermula saat si calon pengantin, Guo Yuanyuan yang merupakan seorang perawat jantung di sebuah rumah sakit lokal, tengah melakukan pemotretan pre-wedding di pantai tersebut. Namun tiba-tiba ada kerumunan orang yang terlihat panik.

Menurut keterangan saksi mata di lokasi kejadian pada 21 September 2015, awalnya mereka melihat seorang pria di laut melambaikan tangan dan berteriak minta tolong sekitar pukul 10.00. Beberapa perenang di pantai berhasil mengevakuasi pria itu dari laut.

Ketika dievakuasi ke pantai, orang itu sudah tak sadarkan diri.

"Pada saat itu bibirnya sudah ungu dan wajahnya membiru. Sepertinya ia mengalami serangan jantung mendadak," kata salah satu penyelamat, Zhao, seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (23/9/2015).

Kerumunan orang di sekitar pria malang itu ternyata tidak ada yang tahu bagaimana melakukan proses bantuan pernapasan CPR. Beruntung Guo dengan sigap langsung menuju lokasi yang berjarak 100 kaki dari lokasi pemotretannya.

Tanpa pikir panjang, ia bergegas ke tempat kejadian. Masih dalam balutan gaun pengantin, dia melakukan CPR pada pria serta memberinya napas buatan selama lebih dari 20 menit.

Dalam proses tersebut, Guo telah merusak gaun pengantin, make-up dan mematahkan kuku-kukunya yang sudah dipoles cantik untuk foto pre-wedding. Para pengunjung pantai yang berkerumun bertepuk tangan atas aksi si perawat berhati mulia itu. Mereka menyemangati dan memujinya.

Penduduk setempat juga mencoba melindungi Guo dan pria malang itu dari sengatan matahari.

Tak berapa lama, orang itu sempat tersadar dan air keluar dari mulutnya. Namun, ketika ambulans tiba, paramedis menyatakan sudah terlambat untuk menyelamatkan orang itu.

Serangan jantung dikonfirmasi sebagai penyebabnya.

"Dia menghayati pekerjaannya membantu orang lain, dan itulah yang kusuka darinya," kata tunangan Guo, Xiao Liu, dengan bangga. "Dia juga berlari lebih cepat dariku ketika insiden itu terjadi," tambahnya.

"Saat itu, aku hanya ingat aku adalah seorang perawat. Tanggung jawabku sebagai seorang perawat lebih tinggi dari statusku sebagai seorang calon pengantin," kata Guo.

Meski tak berhasil menyelamatkan nyawa orang itu, namun upaya Guo menuai pujian di media sosial. Foto-fotonya yang dalam balutan gaun cantik berwarna ungu, dengan cepat menyebar ke seluruh media sosial China. Foto tersebut diberi judul 'prettiest bride'.

Tak hanya cantik luarnya, tapi juga dalam hatinya. (Tnt/Ein/Sar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.