Sukses

Rumah Susun Modular Seperti Mainan Lego

Liputan6.com, New York - Seorang pengusaha, investor, Arnon Rosan menciptakan cara membangun rumah dengan sistem bangunan modular melalui permainan Lego. Menurut situs EverBlock, sistem ini mirip seperti permainan bongkar-pasang itu, perbedaannya hanya dari ukurannya yang lebih besar.

Dalam situs web itu dijelaskan bahwa sistem itu cocok untuk membangun perabot modular, tembok pemisah, dan bahkan ruang tinggal tanpa menggunakan lem atau perkakas khusus.

Latar belakangnya dalam militer dan penemu Signature Systems Group, yakni perusahaan yang membuat sistem modular untuk lantai, pagar, dan jalan raya-- tidak mengherankan jika ia menjadi salah satu pencetus ide EverBlock.

Gambar dari EverBlock.

Seperti halnya Lego, bongkah bangunan yang terbuat dari plastik ini memiliki fungsi penguncian struktur yang serupa. Pemasangan dilakukan dengan penekanan dan menumpuk, sementara pelepasannya cukup mudah dengan mencongkel dengan obeng pipih.

Sejumlah barang yang dapat langsung dibuat berupa meja makan, rak, dinding pembatas serta perabot sejenisnya. Seperti Lego, batasan kreatifitas tergantung pada imjaniasi si pembuat. Adapun teknik yang lebih kreatif, yakni dengan menambahkan lampu jejer dan lampu tabung LED, dan diperkuat kembali dengan baja, mata kayu, ataupun plastik PVC.

Pada masa mendatang, EverBlock berencana untuk memasuki dunia konstruksi bangunan modular, khususnya untuk penanggulangan bencana dan penggunaan militer.

Kepada Gizmag Arnon Rosan mengatakan, “Ada keperluan mendesak untuk barak dinding padat yang cepat jadi dan dapat diangkut secara ringkas namun tetap kokoh dan terasa lebih kuat.”

Gambar dari EverBlock.

Menurutnya, "Tenda memang baik, keperluan dinding yang padat untuk memberikan rasa aman yang lebih baik dan mencegah penyusupan. EverBlock memberikan perlindungan ini dan memungkinkan perputaran udara di dalam ruang baik dalam kondisi panas ataupun dingin.

Tapi ia mengaku pembuatan masih dalam tahap awal, "Kami belum menjual satupun blok untuk keperluan bencana ataupun militer, tapi saya kira ini hanya masalah waktu, hingga pemerintah dan organisasi melihat betapa pentingnya sistem bangunan yang cepat jadi, ringkas dan dapat dipakai ulang ini. Kedepannya Everblock mungkin dapat digunakan sebagai kerangka tenda."

Loading