Sukses

Spesies Gurita yang Suka Bermesraan

Hewan, apalagi para spesies laut, umumnya tampak tidak suka bermesraan, namun lain halnya dengan gurita ini.

Liputan6.com, California, Amerika Serikat - Mungkin Anda pernah memperhatikan, bahwa tidak seperti manusia, sebagian jenis hewan tidak suka bermesraan. Namun, tim riset dari California menemukan spesies gurita tropis yang memiliki kebiasaan bermesraan pada musim kawin.

Gurita Pasifik Bergaris sering terlihat sedang berciuman dan bermanja dengan pasangannya, tidak seperti spesies gurita lainnya yang menyebarkan sperma pada betinanya dari jarak jauh.

Para ilmuwan dari Universitas California di Berkeley menemukan bahwa kebiasaan si gurita dalam berbagi makanan, bahkan berciuman sebelum kawin, dideskripsikan sebagai “hubungan seks yang kasar”.

Menurut Mirror Online, dalam sebuah kelompok yang terdiri atas 40 ekor gurita di pantai pusat Amerika Pasifik, diketahui bahwa spesies ini juga menikmati hubungan platonis, yaitu hubungan yang tidak melibatkan aktivitas seksual.

Sebagian besar jenis gurita yang diteliti sebelumnya diketahui sebagai makhluk soliter. Menariknya, spesies baru ini memiliki cara unik dalam berburu mangsa. Makhluk invertebata cerdas ini mengendap-endap ke arah di target dan menakutinya dengan tentakel.

Menurut Profesor Roy Caldwell: “gurita biasanya menerkam mangsanya atau menusuk-nusuk lubang sampai mereka menemukan sesuatu. Namun, berbeda dengan gurita yang satu ini. Mereka seakan `menyapa` mangsanya terlebih dahulu sebelum menerkamnya. Sungguh tampak beretika.


“Saat melihat udang dari kejauhan, mereka merunduk dan mengendap-endap, melebarkan tentakelnya ke arah udang, menyentuhnya dari kejauhan, atau menangkapnya dengan tentakel lainnya.” (Ikr/hdy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini