Sukses

Melukis Karakter Opera Peking di Cangkang Telur

Selama 10 tahun terakhir, kulit telur, kuas dan cat setia menemani Fei. Dia hampir memproduksi semua karakter terkenal dari Beijing Opera.

Liputan6.com, Shanghai - Seorang kakek pensiunan pengajar berusia 77 tahun, Fei Yongquan, menarik perhatian khalayak dengan hobi jangka panjangnya yaitu melukis hiasan topeng opera 'Peking' di atas kulit telur.

Sebelumnya ia mengajar kelas mekanik di sekolah teknik. Baru setelah pensiun, ia memiliki waktu luang untuk menghasilkan karya seni tradisional. Ruang tamu rumahnya dipenuhi dengan hasil kerajinan sendiri, sudah seperti sebuah museum.
 
Sejak masih muda, Fei memiliki daya tarik terhadap Beijing Opera Theater. Ia pun belajar melukis di cangkang telur. Butuh waktu sekitar lima tahun untuk menghasilkan kerajinan tangan yang benar-benar sempurna.Fei hampir memproduksi semua karakter terkenal dari Beijing Opera. (Shanghaiist/Ntp)
Selama 10 tahun terakhir, kulit telur, kuas dan cat setia menemani Fei. Dia hampir memproduksi semua karakter terkenal dari Beijing Opera.
 
"Aku berpikir untuk menggunakan bahan lain, tapi kulit telur terlihat lebih mirip dengan bentuk wajah orang dan hasilnya tampak lebih baik," ujar Fei dilansir dari Shanghaiist, Jumat (24/07/2015).

Fei tidak pernah menjual karyanya, ia malah memberikan kepada teman-temannya sebagai buah tangan. Saat ini, ia menjadi relawan pengajar seni lukis cangkang telur di sebuah pusat komunitas lokal.

(Stevanie Adeline/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.