Sukses

Petugas Kebersihan ini Cantik dan Menginspirasi

Seorang wanita petugas kebersihan Brasil tampil cantik sehingga ia mendapat tawaran menjadi model.

Liputan6.com, Rio de Janeiro Para pesohor menggunakan media sosial untuk mengiklankan merek, produk dan status yang bisa menarik jutaan followers. Belakangan ini, orang awam pun melakukan hal yang serupa. Inilah yang dilakukan seorang wanita berusia 24 tahun di Rio de Janeiro, Brasil.

Seorang penyapu jalan cantik dari Brasil

Rita Mattos mengunggah  foto-fotonya dalam berbagai pose dan pakaian, termasuk seragam kerja oranye petugas kebersihan jalan dan bikini yang serba terbuka. Hebatnya, wanita yang bekerja selama 12 jam sehari sejak pukul 4.30 pagi itu sekarang mendapat tawaran untuk menjadi model foto.

Seorang penyapu jalan cantik dari Brasil

Merujuk kepada BuzzFeed, ketika ia pertama kali mengunggah foto dirinya ke WhatsApp, sejumlah orang mengatakan bahwa ia terlalu cantik untuk seorang petugas kebersihan. Perbincangan ini pun menyebar di dunia maya. Namun, wanita itu tidak menghubung-hubungkan penampilan dengan pekerjaan tertentu.

Rita Mattos menggunakan segala perhatian yang didapatnya untuk menentang stereotip dan meyakinkan para pengikutnya bahwa ia bangga dengan pekerjaannya. “Orang-orang menjadi cemas ketika mereka melihat seorang wanita cantik bekerja sebagai penyapu jalan,” katanya kepada harian Extra di Brasil.

Ia melanjutkan, “Mereka bilang saya bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih dari sekedar menyapu. Mengapa seorang penyapu jalan haruslah seorang yang jelek? Itulah prakonsepsi. Walaupun pekerjaan ini berat, saya menikmatinya. Saya bangga dengan apa yang saya lakukan.”

Seorang penyapu jalan cantik dari Brasil

Setelah mendapat banyak followers, Rita Mattos membuka laman penggemar di Facebook. Ia tertarik dengan kesempatan menjadi model, namun kepada BuzzFeed News ia mengatakan saat ini belum berniat meninggalkan pekerjaannya.

Seorang penyapu jalan cantik dari Brasil

Kepada Extra ia mengatakan bahwa ia masih mempunyai beberapa tujuan lain, misalnya kuliah. Wanita itu berharap suatu saat ia bisa menyelesaikannya. “Saya sangat mandiri dan bekerja sejak masih 16 tahun. Saya selalu senang bertanggung jawab untuk diri sendiri. Saya berharap bisa meraih semua mimpi saya.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.