Sukses

Petugas Kebersihan Mogok Kerja, Bandara Mumbai Penuh Sampah

Lebih dari 1.900 karyawan kebersihan Mumbai, India, berpartisipasi dalam pemogokan itu.

Liputan6.com, Mumbai - Pemandangan mengejutkan terjadi di Bandara Chhatrapati Shivaji International Airport (BOM), Mumbai, India kala itu. Gunungan sampah terlihat di setiap tong, bahkan banyak yang tercecer di lantai. Ada apa gerangan?

Ternyata kondisi tersebut akibat para petugas kebersihan di sana mogok kerja.

"Pemogokan itu berlangsung selama 3 jam. Tak terlalu terdampak, karena tim darurat dikerahkan segera," klaim juru bicara Bandara, Veena Chiplunkar, seperti dikutip dari News.com.au, Kamis (9/7/2015).

Namun menurut laporan lainnya, pemogokan berlangsung lebih lama dari yang diperkirakan, yakni sekitar 18 jam. Chiplunkar pun menolak berkomentar lebih lanjut tentang aksi itu dan resolusinya.
 
Sampah-sampah yang berserakan di bandara tersebut pun menjadi target para penumpang yang baru mendarat maupun hendak terbang. Mereka lalu mempostingnya di laman media sosial.

Menurut Press Trust of India, lebih dari 1.900 karyawan berpartisipasi dalam pemogokan itu. Mereka menuntut kenaikan upah.

"Mereka tidak menaikkan upah kami selama 8 tahun terakhir, meskipun permohonan berulang-ulang dari pihak kami telah diajukan," kata salah seorang karyawan yang ikut berdemo.

Karyawan kembali bekerja sore hari berikutnya, setelah diyakinkan oleh manajemen bahwa mereka akan menerima kenaikan upah dalam 2 hari ke depan. (Tnt/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.