Sukses

Mahasiswa Kedokteran Inggris Jadi Perekrut Anggota ISIS

Fakhri mulai belajar kedokteran di University of Medical Sciences and Technology (UMST) di Khartoum, Sudan, pada 2008 dan lulus 2013.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang mahasiswa kedokteran asal Inggris, diduga telah merekrut 16 orang rekannya, untuk bergabung dengan kelompok yang menamakan dirinya negara Islam atau ISIS.

Mohammed Fakhri Al-Khabass, asal Middlesbrough disebutkan oleh universitasnya telah "memainkan peran penting" dalam membujuk 2 kelompok warga Inggris untuk berangkat ke Suriah tahun ini.

Mereka berangkat dalam 2 gelombang, 9 orang pada Maret dan 7 orang lagi pada Juni lalu. Demikian dilansir BBC, Sabtu (18/7/2015).

Mereka direkrut di Sudan, tempat di mana Fakhri belajar. Jumlah ini merupakan kelompok terbesar dari Inggris Raya yang bergabung ke ISIS.

Fakhri Al-Khabass merupakan seorang Inggris keturunan Palestina, yang tinggal di Inggris timur laut bersama 2 orang kakak laki-lakinya.

Fakhri mulai belajar kedokteran di University of Medical Sciences and Technology (UMST) di Khartoum, Sudan, pada 2008 dan lulus 2013.

Ia melakukan rekrutmen ketika menjadi Presiden Asosiasi Kebudayaan Islam di kampusnya (ICA), dan menggunakan perannya di ICA untuk menyebarkan ajaran Islam yang sangat politis.

UMST mengatakan, Fakhri sekarang sedang di Suriah, tetapi kedua kakak Fakhri percaya ia masih ada di Sudan. Keluarga Fakhri menolak diwawancarai media.

Sementara pihak Kementerian Luar Negeri Inggris kini bekerjasama dengan UMST, untuk mencegah terjadinya persoalan radikalisme ini lebih lanjut. (Rmn/Mar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.