Sukses

Kota Spanyol Ini Usulkan Wajib Tidur Siang Bagi Warga

Tidur selama 30 menit dapat mengembalikan dampak hormonal dari suatu malam yang kekurangan tidur.

Liputan6.com, Ekuador - Walikota Joan Faus Vitoria di Kota Ador, Valencia, Spanyol mengusulkan aturan wajib tidur siang bagi penduduk di kotanya.  Ia menyatakan bahwa rentang waktu antara jam 14.00 siang hingga 17.00 sore untuk melakukan siesta -- istirahat siang dalam bahasa Spanyol.

Usulan jam tidur itu muncul karena panasnya udara pada rentang waktu tersebut, sehingga menjadi waktu deal untuk beristirahat dari kerja di ladang. Sang walikota meyakinkan, bahwa tidak ada hukuman terhadap pelanggaran terhadap hal ini. 

Anjuran tersebut pun lebih dipandang sebagai usulan dan bukan kewajiban.

Namun jangan anggap remeh usulan ini. Sebab suatu penelitian yang diterbitkan di Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism pada Februari lalu mengungkap manfaat tidur siang. 

"Data yang ada pada kami mengungkapkan bahwa tidur selama 30 menit dapat mengembalikan dampak hormonal dari suatu malam yang kekurangan tidur," kata Brice Faraut dari Universite Paris Descartes-Sorbonne Paris Cite di Prancis.

"Inilah penelitian pertama yang menemukan bahwa tidur singkat dapat mengembalikan penanda biologis pada sistem neuroendokrin dan kekebalan tubuh untuk kembali ke tingkatan normal." (Alx/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini