Sukses

Mengintip Cara Timbang Berat Bayi Koala

Liputan6.com, San Diego - Pernah terpikirkan bagaimana caranya menimbang bayi koala? Ternyata proses menimbang berat badan bayi jenis binatang itu dilakukan dengan cara sederhana namun tepat guna.

Pihak kebun binatang San Diego mengunggah video rekaman tentang cara menimbang berat badan bayi koala berumur 9 bulan itu, yang tidak merasa nyaman dipisahkan dari induknya, Cambee. Anak salah satu hewan asli Australia itu mendapatkan pemeriksaan rutin setiap sepekan, sehingga para petugas kebun binatang harus menemukan cara membujuknya secara berulang-ulang.

Dalam sebuah video yang beredar di dunia maya, terlihat bagaimana sang bayi koala sempat memeluk 'teman' sesama koala ketika sedang ditimbang. Namun ia segera bosan dan malah memeriksa permukaan timbangannya.

Melalui akun resmi kebun binatang itu, petugas senior kebun binatang, Jennifer Roesler mengatakan "Bayi itu baru keluar dari kantung induknya setelah 8 minggu. Ia sangat aktif dan agak manja.

Hingga tanggal unggah video pada 10 Juli 2015, bayi koala jantan tersebut belum diberi nama.

Kebun binatang San Diego memiliki koloni pembiakan terbesar untuk koala Queensland dan merupakan yang paling berhasil di luar Australia.

Bukan hanya itu, para peneliti dari kebun binatang ini bersama-sama dengan Lembaga Pelestarian Kebun Binatang San Diego mempelajari populasi koala di kebun binatang dan alam liar. Hal itu dilakukan agar lebih mengerti ekologi yang rumit, perilaku pembiakan, dan kesehatannya.

Hasil penelitian dipakai untuk penentuan strategi pelestarian koala.

(Alx/Tnt)