Sukses

Begini Cara Membuat Obor Swedia

Dengan cara pembuatan yang sedikit berbeda, obor ini dapat menjadi multifungsi.

Liputan6.com, Amerika Serikat Penggemar kegiatan berkemah lazim menggunakan api unggun atau obor untuk memasak, menghangatkan badan, ataupun untuk penerangan. Penggunaan kayu bakar dengan cara lama memerlukan sejumlah potongan batang kayu yang menyisakan banyak ampas.

Sebuah video YouTube yang diunggah oleh pengguna dengan akun Doogly menayangkan caranya membuat obor Swedia, atau dikenal juga dengan lilin Swedia, lilin Kanada, dan sejumlah istilah lainnya. Dalam tayangan tersebut, proses pembuatannya menggunakan mesin gergaji. Walaupun demikian, gagasan utamanya adalah membelah sebatang kayu berukuran besar menjadi empat bagian.

Belahan kayu itu dibuat masuk hingga ¾ panjang balok kayunya. Setelah itu, pengguna akan menyalakan api dengan memasang sumber api kecil di bagian atas belahan. Perlahan-lahan, api kecil itu akan menjalar ke bagian dalam batang kayu, semakin membesar dan tahan lama. Hal ini disebabkan oleh letak sumber api baru di dalam batang kayu yang terlindung dari embusan angin luar. Jika bagian atas batang kayu itu dibuat rata, api unggun ini dapat sekaligus dipakai sebagai tungku untuk memasak.

Nick Weston, dalam tulisannya di Back Woods Home, menyarankan untuk menggunakan kayu yang “matang”. Untuk menjadi penghangat, pilihlah kayu pinus dan sejenisnya. Namun demikian, jika ingin memasak, sebaiknya menggunakan batang kayu yang tidak mengeluarkan banyak jelaga, misalnya kayu pohon apel, ceri, atau ek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini