Sukses

Kim Jong-un Pamer Bandara Rancangan Arsitek yang Dieksekusi

Liputan6.com, Pyongyang - Jangan sampai membuat seorang Kim Jong-un tidak puas. Sebab nyawa menjadi taruhannya. Baru-baru ini terdengar kabar kalau Kim baru saja mengeksekusi arsitek yang merancang Bandara Pyongyang, Korea Utara, yang baru.

Namun, alih-alih menghentikan proyek, Kim malah memamerkan bandar udara tersebut.

Kantor Berita Resmi Korea Utara (KCNA) seperti dikutip dari Independent, Selasa (30/6/2015), meluncurkan foto-foto Kim dan istrinya keliling terminal baru di bandara itu. Dalam rombongan tersebut, tidak terlihat Ma Won-chun sebagai kepala proyek sekaligus arsitek yang seharusnya memimpin rombongan tersebut.

Menurut The Diplomat --masih dikutip dari Independent, Ma diduga dibunuh karena dianggap tidak berhasil mengikuti perintah (Kim) dan terlibat korupsi.Kim Jong-Un didampingi istrinya meninjau bandara udara baru. (KCNA)
"Banyak cacat yang ditemukan di konstruksi terminal 2. Si perancang sama sekali tidak punya selera tentang apa itu kecantikan dari sebuah arsitektur yang mewakili karakter Juche (Ideologi negara Korea Utara yang dipelopori oleh Kim Il Sung) sekaligus karakter nasional," kata Kim Jong-un kepada KCNA seperti dikutip nknews.

Terminal baru tersebut sengaja dibuat untuk menarik perhatian turis untuk datang. Bandar udara ini rencananya akan melayani penerbangan dari China dan Rusia, meskipun diprediksi tidak banyak wisatawan akan datang.

Dalam bangunan tersebut dilengkapi dengan toko perhiasan, kafe, dan farmasi. Meski tidak puas, Kim Jong-un terlihat semringah saat meninjau bandar udara itu, dan menyetujui pembukaannya pada tanggal 1 Juli mendatang. (Rie/Tnt)

Loading