Sukses

4 Turis yang Berpose Telanjang di Gunung Kinabalu Dibebaskan

Karena mereka telah berada di tahanan selama beberapa hari terakhir, keempatnya sekarang bisa bebas.

Liputan6.com, Sabah - 4 Turis asing yang berfoto telanjang di Gunung Kinabalu, Negara Bagian Sabah, Malaysia, dibebaskan pada Jumat 12 Juni 2015.

Hakim yang mengadili mereka menjatuhkan hukuman penjara selama 3 hari. Karena mereka telah berada di tahanan selama beberapa hari terakhir, keempatnya sekarang bisa bebas.

Seperti dilansir BBC, selain diganjar hukuman penjara, para turis ini juga diwajibkan membayar denda 5.000 ringgit atau sekitar Rp 17,5 juta.

Sebelum vonis dijatuhkan, salah seorang di antaranya, Eleanor Hawkins, mengaku telah bertindak bodoh dan menyadari dia tidak menghormati alam dengan bertelanjang di Gunung Kinabalu.

Sebelumnya, 4 turis ini bersama 6 wisatawan lain berpose telanjang di puncak Gunung Kinbalu, tempat yang dianggap keramat oleh warga setempat, pada 30 Mei lalu.

Beberapa hari kemudian terjadi gempa bumi yang menewaskan 18 orang, termasuk beberapa anak-anak.

Warga dan beberapa pejabat di Negara Bagian Sabah kemudian mengaitkan bencana alam ini dengan aksi telanjang para turis tersebut. Tindakan yang mereka katakan telah membuat marah "penjaga" gunung tersebut. (Ado/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini