Sukses

Mendebarkan, Aksi 'Memasak' Biksu

Seorang biksu di Provinsi Nong Bua Lamphu di Thailand, direkam video ketika sedang 'dimasak' di atas kobaran api.

Liputan6.com, Nong Bua Lamphu, Thailand - Seorang biksu di Provinsi Nong Bua Lamphu, Thailand direkam video ketika sedang 'dimasak' di atas kobaran api. Dalam video di salah satu media sosial, sang biksu duduk di dalam wajan besar yang berisi cairan. Cairan dalam wajan itu terlihat seperti minyak mendidih.

Dari sejumlah sumber, para biksu Buddha memang diketahui memiliki kekuatan luar biasa yang dilatih melalui meditasi di biara-biara. Walaupun tampak seperti tontonan gaib, upacara ini sebetulnya merupakan bagian dari tata ibadah kerohanian. Setelah selesai perenungannya, sejumlah benda dari upacara itu dijual kepada para pemirsa di sana.

Namun demikian, tidak semua pemirsa di media sosial menerima begitu saja hal tersebut. Bagi sejumlah pemirsa, kejadian di atas hanya sekadar tipuan sulap yang berbahaya untuk membantu penjualan benda-benda upacara dengan harga mahal.

Suatu pengamatan mengatakan bahwa ada dua lapis cairan yang ada dalam wajan, yaitu minyak dan air. Karena berat-jenisnya yang lebih rendah daripada berat-jenis air, minyak selalu berada di atas air. Bhiksu tersebut duduk di bagian yang terendam minyak.

Air mendidih pada suhu 100 derajat Celsius pada tekanan udara biasa, namun minyaknya belum mendidih. Hal ini terlihat dari buih-buih uap air yang muncul ke permukaan minyak. Jika dilihat dari luar kuali, seakan-akan minyaknya sudah mendidih.

Seorang pemirsa lain juga menambahkan bahwa kualinya sangat dalam, sedangkan biksu itu terlihat seperti duduk di suatu tatakan yang ada di dalam wajan besar tersebut. (Alx/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini