Sukses

Wifi Pantai, Baru Muncul Kalau Anda Berteduh

Suatu sistem WiFi tidak berbayar dipasang pantai untuk meningkatkan kesadaran para pelancong akan bahayanya sengatan sinar matahari.

Liputan6.com, Playa Agua Dulce Suatu sistem WiFi tidak berbayar dipasang di pantai untuk meningkatkan kesadaran para pelancong akan bahaya sengatan sinar matahari secara berlebih. Sistem yang diberi nama Shadow Wi-Fi itu hanya menyala di bawah bayang-bayang bangunan yang didirikan para pelancong di pantai.

Dalam keterangan videonya disebutkan bahwa kanker kulit menjadi semakin sering dalam beberapa waktu belakangan ini. Salah satu pemicu kanker kulit adalah paparan yang berlebihan kepada sinar ultra ungu yang menjadi bagian dari pancaran sinar matahari.

Dalam uji coba yang dilakukan di Playa Agua Dulce di Peru ini, Happiness Anywhere bekerjasama dengan kelompok nirlaba Peruvian League Against Cancer. Sistem ini menggunakan corong pemancar WiFi berarah yang dilekatkan dengan pemantul sinar matahari. Dengan demikian, sudut pancaran gelombang WiFi akan selalu bertolak belakang dengan sudut datangnya pancaran sinar matahari.

Pengguna hanya akan mendapatkan sinyal WiFi kalau berada di bawah bayang-bayang bangunan pelindung Shadow Wi-Fi tersebut. Suatu bangunan pelindung itu mampu menampung hingga 250 orang pengguna di bawah bayang-bayangnya.

Dalam waktu dekat, sistem serupa akan dipasang di San Francisco dan Selandia Baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.