Sukses

Keseimbangan Kepala Ayam

Secara alamiah, seekor ayam ternyata memiliki kendali keseimbangan kepala yang sangat hebat.

Liputan6.com, Jakarta Secara alamiah, seekor ayam ternyata memiliki kendali keseimbangan kepala yang sangat hebat.

Jika kita memegang tubuh seekor ayam, membiarkan kepalanya bebas bergerak, dan menggerakkan tubuhnya, maka kepala ayam seakan tidak ikut bergerak mengikuti gerakan tubuhnya.

Ayam memiliki pengindra gerakan selayaknya suatu sistem giroskop. Dalam tubuh manusia, sistem keseimbangan layaknya giroskop ini terletak di dua telinga. Cara penjagaan keseimbangan ini menjadi gagasan dasar penggunaan teknologi pemrosesan gerakan pada kendaraan.

Suatu pembuat kendaraan papan atas Jerman melakukannya dengan alat Inertial Measurment Unit (IMU) yang melacak gerakan-gerakan tiga sumbu X, Y, dan Z, dan melakukan langkah-langkah kompensasi gerakan.

Dalam keterangan yang didapat dari unggahan ke YouTube oleh akun James Lockhart disebutkan bahwa ayam memiliki jenis mekanisme yang sama, tapi dengan kecepatan proses yang lebih tinggi. (Alx/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini