Sukses

Potret Heboh Mencontek Massal di India

Foto-foto yang terkuak belakangan menunjukkan bahwa praktik curang itu tak hanya dilakukan besar-besaran, tapi juga terang-terangan.

Liputan6.com, Bihar - Di negara bagian Bihar, India mencontek ternyata adalah hal lumrah. Bahkan dilakukan secara massal.

Foto-foto yang terkuak belakangan menunjukkan bahwa praktik curang itu tak hanya dilakukan besar-besaran, tapi juga terang-terangan. Sejumlah siswa sekolah menengah tanpa ragu menyelundupkan lembaran catatan ke lokasi ujian, meski pengawas lalu lalang.

Tak cuma itu, orangtua, kerabat, atau teman tertangkap kamera memanjat tembok, untuk memberikan contekan pada peserta tes.

Berikut potret mencotek massal yang sedang heboh tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mencontek Demi Lulus Ujian

Kabar mencontek massal itu mengemuka saat ujian yang diselenggarakan oleh Bihar School Examination Board (BSEB), dimulai pada Selasa 16 Maret hingga 24 Maret 2015. Sebanyak 1,4 juta murid ikut dalam ulangan itu.

Kebanyakan insiden mencontek tahun 2015 ini dilaporkan dari Distrik Chhapra, Vaishali, dan Hajipur.



Media lokal memuat foto-foto aksi curang, yang didukung keluarga dan kerabat murid. Demi anaknya bisa lulus ujian, mereka bahkan melakukan tindakan nekat, yang berisiko mati.

(Ein/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini