Sukses

Untuk Kali Pertamanya, Kroasia Dipimpin Seorang Perempuan

Kolinda Grabar-Kitarovic menjadi presiden setelah unggul dalam penghitungan suara pemilihan presiden.

Liputan6.com, Zagreb - Sejarah baru tercipta di Kroasia. Negara pecahan Yugoslavia ini untuk pertama kalinya dipimpin oleh seorang perempuan. Kolinda Grabar-Kitarovic, namanya, menjadi presiden setelah unggul dalam penghitungan suara pemilihan presiden.

Tokoh dari kaum konservatif itu, berdasarkan keterangan Komisi Pemilihan Umum Kroasia, mendapat suara sebanyak 50,4 persen dari 99 persen suara yang sudah dihitung. Dirinya hanya ungul tipis dari Presiden petahanana atau incumbent Ivo Josipovic yang mendapat 49, 6 persen.

"Ayo kita sama-sama bekerja," ucap Grabar-Kitarovic singkat kepada para pendukungnya seperti dikutip dari New York Times, Senin (12/1/2015).

"Pekerjaan sulit menanti kita di depan. Mari kita bersatu, mari kita satukan patriotisme kita untuk tanah tercinta dan rumah kita Kroasia," sambung dia.

Selain dikenal sebagai tokoh konservatif, Grabar-Kitarovic adalah mantan asisten Sekretaris NATO dan eks Duta Besar Kroasia untuk AS serta pernah menjadi Menteri Luar Negeri.

Dengan menduduki jabatan Presiden, perempuan 46 tahun ini harus menyelesaikan setumpuk pekerjaan rumah. Pasalnya, Kroasia yang baru bergabung dengan Uni Eropa tersebut merupakan salah satu negara dengan perekonomian terlemah di Benua Biru. (Ger)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.