Sukses

Gelapkan Pajak, Adik Raja Spanyol Diadili

Liputan6.com, Madrid - Nasib sial menimpa adik raja Spanyol Felipe VI,  Cristina de Borbon. Anggota keluarga kerajaan itu  dihadapkan ke meja hijau akibat dugaan penggelapan pajak.

Selain Cristina, kasus penggelapan pajak  juga menyeret sang suami Inaki Urdangarin. Tidak cuma penggelapan pajak sang suami yang mantan atlet bola tangan ini  terseret kasus penggelapan dana publik dan pencucian uang.

Di samping Cristina dan Urdangarin kasus tersebut turut menyeret 17 orang lain. Keterangan ini disampaikan oleh Pengadilan Tinggi Pulau Balearic.

Sampai saat ini belum ada keterangan lebih lanjut yang terlontar dari mulut Cristina dan Inaki. Namun, secara tegas, pasangan ini menolak semua tuduhan yang dialamatkan. Demikian dilansir dari Reuters, Senin (22/12/2014).

Jika terbukti bersalah bukan hanya hukuman berat yang menanti pasangan ini. Sejumlah aset mereka juga terancam disita.

Kasus Cristina dan Urdangarin semakin menampar keluarga Kerajaan Spanyol. Pasalnya, kasus penggelapan pajak ini adalah kasus pertama yang menyeret kaum daah biru sampai ke pengadilan.

Di samping itu, persoalan tersebut makin memberi tekanan bagi Raja baru, Felipe VI. Sebab, saat ini ia menghadapi desakan untuk memodernisasi kerajaan Spanyol. Hal ini dapat diartikan, ia harus menendang keluar adik perempuannya ini dari daftar keluarga kerajaan. (Ein)

Loading