Sukses

Perang Tomat di La Tomatina Fiesta

Puluhan orang saling melemparkan tomat segar dalam La Tomatina Fiesta atau Pesta Perang Tomat di Kota Bunol, Valencia, Spanyol. Dalam sekejap, kota pun memerah bak kolam tomat.

Liputan6.com, Bunol: Kota Bunol, Valencia, Spanyol memerah. Puluhan ribu orang juga berbalur kulit, biji, dan air tomat. Mereka adalah peserta Pesta Perang Tomat alias La Tomatina Fiesta di Bunol, Rabu (22/8) kemarin. Dalam pesta kali ini, sekitar 30 ribu orang berperang dengan saling melempar tomat segar.

Kehadiran ribuan orang dari dalam maupun luar negeri ini terkait dengan penyelenggaraan pesta tahunan musim panas di kota tersebut. Mereka rela berdesak-desakan untuk ikut serta dalam acara yang bisa dibilang perang buah terbesar di dunia ini.

Kota Bunol yang biasanya tenang berubah meriah. Dalam tempo dua jam, kota tersebut berganti menjadi lautan tomat. Sebanyak 130 ton tomat ditumpahkan ke jalan dari sebuah truk. Dalam sejurus, buah segar itu menjadi senjata untuk saling menyerang di antara sesama pengunjung. Para peserta sengaja tidur-tiduran di sepanjang jalan yang berlumuran buah tomat segar itu.

Acara La Tomatina Fiesta telah berlangsung sejak 1940. Tradisi perang tomat ini bermula dari keisengan sekelompok anak yang saling melempar tomat. Anehnya, ulah jahil itu justru diikuti para orang tua pada tahun berikutnya dan malahan dijadikan semacam tradisi tahunan musim panas di Kota Bunol. Setelah puluhan tahun berlangsung, festival ini ternyata juga digemari wisatawan mancanegara.(TNA/Epr)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.