Sukses

Durian Tanpa Bau

Para ahli di Thailand membuat terobosan baru menciptakan durian tak berbau. Buah ini disebut durian chantaburi hasil persilangan monthong dan chaneee.

Liputan6.com, Chanthaburi: Durian banyak digemari karena selain daging buahnya tebal juga berpadu dengan rasanya yang legit. Hanya satu masalah yang ditimbulkan buah berduri ini, yakni bau yang ditinggalkan.

Persoalan itu kini tengah diselesaikan para ahli di Thailand. Mereka, belum lama ini, berhasil menciptakan durian chantaburi. Durian persilangan monthong dan chaneee ini tidak berbau menyengat.

Banyak orang yang bahagia dengan penemuan ini, tapi ada pula yang tak suka. Salah satunya Sirichalerm Svasti, ahli kuliner Thailand. "Saya rasa bukanlah durian jika tak berbau. Seperti keju jenis tertentu yang tak dapat disebut keju, jika tak memiliki bau tertentu," kata Svasti.

Meski begitu, durian chanthaburi tetap akan dikembangkan. Untuk itu telah dipersiapkan satu juta pohon untuk ditanam selama lima tahun mendatang.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini