Sukses

Istri Dulmatin Diperiksa di Manila

Istri tersangka Bom Bali I Dulmatin, Istiada H. Oemar Sovie atau Aminah Toha diperiksa di Manila, Filipina. Pemerintah Filipina berharap mendapat informasi berharga mengenai keberadaan Dulmatin.

Liputan6.com, Manila: Istiada H. Oemar Sovie atau Aminah Toha diterbangkan ke Manila, Filipina, Senin (9/10). Aminah akan menjalani pemeriksaan guna mengorek keterangan mengenai keberadaan suaminya Dulmatin yang hingga kini masih buron. Demikian disampaikan pejabat intelijen Filipina.

Aminah ditangkap di Kota Pakitul, Pulau Jolo di selatan Filipina pada 3 Oktober silam. Ia dan dua anaknya dituduh telah melanggar aturan keimigrasian. Mereka tak bisa memberikan dokumen lengkap yang melegalisasikan keberadaannya di Filipina [baca: Filipina Menangkap Istri Dulmatin].

Melalui pemeriksaan Aminah, pihak yang berwenang Filipina berharap mendapat informasi berharga mengenai keberadaan Dulmatin. Pria yang disebut-sebut terkait Bom Bali I ini diperkirakan bersembunyi di Pulau Jolo bersama anggota Jamaah Islamiyah lain yakni Umar Patek dan 10 warga Indonesia. Mereka berada di bawah perlindungan kelompok Abu Sayyaf.

Pemerintah Filipina sendiri telah mengerahkan 6.000 tentara dengan bantuan intelijen dan peralatan dari Amerika Serikat untuk meredam perlawanan kelompok Abu Sayyaf. Namun korban terus berjatuhan. Sejak Operasi Ultimatum pada 1 Agustus silam, sedikitnya 20 tentara pemerintah tewas dan 82 lainnya luka-luka.(TOZ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini